Detik-detik Kecelakaan Beruntun Truk Kimia di Tol Tangerang- Merak, Polisi Beberkan Penyebab

Truk kimia terguling di Tol Merak (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA- Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Purnomo membeberkan kronologis kecelakaan beruntun truk tangki kimia, bus dan mobil pribadi yang terjadi di ruas tol Tangerang-Merak KM 74.


Mulanya kecelakaan tersebut berawal ketika kendaraan truk tangki kimia bernopal B-9879-UFU
melintas dari arah Merak menuju ke arah Tangerang.

Tiba-tiba mobil yang dikemudikan oleh Rusdi Tamrin mengalami pecah ban depan kanan.

“Kendaraan hilang kendali dan berbelok ke kanan menabrak pembatas jalan lalu masuk ke jalur tol sebelahnya (arah Merak) dan terbalik,” kata Rudy dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/10/2021).


Beberapa saat kemudian bus Putra Pelangi bernopal BL-7519-AA berusaha menghindar kekiri, namun terjadi serempetan dengan truk tangki tersebut lalu bus masuk ke parit Tol.

Bersamaan dengan itu, dari arah belakang melintas kendaraan honda brio bernopal B-2985-SOM.

“Kendaraan honda brio menabrak bagian bawah belakang kendaraan truk tangki Kimia,” jelas Dirlantas.

“Akibatnya satu tewas dan 28 orang (penumpang) lainnya yang luka-luka telah dievakuasi di RS Sari Asih dan RS. Drajat Prawira Negara Serang,” ujarnya.

Sebelumnya kecelakaan beruntun yang melibatkan truk tangki kimia, bus dan mobil pribadi terjadi di ruas tol Tangerang-Merak KM 74, pada Minggu (17/10/201) malam.

Truk kimia milik PT Sulfindo Adiusaha itu terguling hingga zat kimianya tumpah. Akibatnya satu penumpang bus meninggal dunia di lokasi.

Diduga salah satu faktor awal yang menyebabkan kecelakaan beruntun itu adalah kendaraan truk tangki kimia bernomor plat B-9879-UFU yaitu pecah ban kanan depan.

(fir/pojoksatu)