Bukan Jalan Mustafa Kemal Ataturk, Fadli Zon Usul Fatih Sultan Mehmet II di Menteng

Mustafa Kemal Attaturk (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA — Anggota DPR RI Fadli Zon ikut menanggapi polemik nama jalan Mustafa Kemal Ataturk akan dibuat di Kemang, Jakpus. Sebaiknya diganti dengan Fatih Sultan Mehmet II.


Rencana untuk mengganti nama salah satu jalan di daerah Menteng, Jakarta Pusat dengan nama tokoh sekuler Turki, Mustafa Kemal Ataturk, telah mendapat tentangan dari sejumlah kalangan masyarakat.

Ini lantaran Mustafa Kemal Ataturk dikenal sebagai tokoh sekuler yang dibenci karena pemikiran yang anti Islam dan diktator.

Sebagai solusi untuk menjaga hubungan baik dengan Turki, anggota DPR RI Fadli Zon meminta kepada pemerintah untuk mengganti nama Mustafa Kemal Ataturk dengan Fatih Sultan Mehmet II.


“Saya usul namanya Jalan Fatih Sultan Mehmet II,” ujar politisi Gerindra ini lewat akun Twitter pribadi, Minggu (17/10).

Fatih Sultan Mehmet II atau Mehmet Sang Penakluk adalah penguasa Utsmani ketujuh yang berkuasa pada 1444 hingga 1446 dan 1451 hingga 1481.

Dia terkenal karena berhasil menaklukkan Konstantinopel pada 29 Mei 1453 dari tangan bangsa Romawi.

Rencana mengubah jalan di Menteng dengan nama Mustafa Kemal Ataturk ini sempat diutrakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara, Turki.

Rencananya peresmian nama jalan tersebut kemungkinan akan dilakukan saat Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Indonesia pada awal tahun 2022.

Di satu sisi, pemerintah Turki akan memberi nama jalan di depan KBRI Ankara dengan nama ‘Ahmet Soekarno’.(ral/rmol/pojoksatu)