Pembenci Anies Dijamin Panas, Jakarta Resmi Ditunjuk Gelar Formula E Juni 2022 Nanti

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

POJOKSATU.id, JAKARTA — DKI Jakarta resmi ditunjuk menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada 4 Juni 2022 nanti. Ajang ini sempat membuat panas situasi politik di DKI.


Keputusan ini ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo menyampaikan apresiasi tinggi atas partisipasi Indonesia.

Baginya, gelaran Formula E di Jakarta penting bagi Indonesia dan ABB Formula E.


Alberto Longo lantas menyinggung komitmen Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang mengaitkan Formula E dengan program Jakarta Langit Biru untuk mewujudkan udara yang bersih.

“Gubernur Anies mengirimkan pesan bahwa menggeser kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik merupakan satu dari beberapa langkah yang akan ditempuh,” jelas Alberto Longo dalam siaran pers Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (16/10).

Direktur Utama Jakpro, Widi Amanasto yang akan menjadi penyelenggara Formula E di Jakarta menyampaikan bahwa trek jalanan dalam kota akan sangat efektif dalam mempromosikan Indonesia dan Jakarta.

“Kami ingin masyarakat dunia menyaksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor,” katanya lagi.

Dengan keputusan ini, maka Jakarta akan masuk ke dalam kota-kota ikonik di dunia yang menggelar balapan Formula E musim ke-8.

Yakni mulai adari Diriyah, Arab Saudi; Roma, Monaco, Berlin, New York, Seoul dan beberapa lainnya.

Sementara itu di DKI Jakarta sendiri, rencana gelaran Formula E ini menghangatkan suasana politik di DKI.

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sampai berujar bahwa Formula E ini tidak ada urusannya dengan politik dan hanya murni olahraga saja. (ral/rmol/pojoksatu)