Pemkot Bandung Libatkan Psikolog Beri Pendampingan ke Pelajar SMP Korban Perundungan

Korban Bullying pelajar SMP di Bandung

POJOKSATU.id, BANDUNG- Pasca kasus perundungan yang melibatkan pelajar terjadi di Kota Bandung beberapa waktu lalu, pemkot Bandung melakukan pendampingan terhadap kejadian perundungan tersebut.

Kasus itu melibatkan korban berinisial HA dan pelaku berinisial HL. Kasus itu telah diselesaikan secara kekeluargaan dan dua belah pihak sepakat untuk berdamai.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Pemkot Bandung Rita Verita mengatakan, pihaknya sudah turun untuk memberi pendampingan pada dua anak dan keluarga yang terlibat dalam kasus itu. Dua anak tersebut diberi pendampingan oleh psikolog profesional.

“Ada (pendampingan) kami turun langsung bahkan lalu kami mengajak psikolog profesional untuk memberikan pendampingan pada anaknya dan juga keluarganya,” kata dia kepada wartawan, Selasa (12/10).


Rita menuturkan ada dua penyebab peristiwa itu bisa terjadi.

Pertama, yakni tak terjalinnya komunikasi yang baik di antara anak dengan orang tuanya.

Peran orang tua dinilai penting dalam pembentukan karakter anak.

Penyebab selanjutnya yakni penggunaan media sosial yang dinilainya berpengaruh pada pola pikir anak.

“Anak-anak yang terlibat itu adalah anak-anak yang baik sebetulnya, bukan anak yang di luar ini ya, hanya saya melihat mungkin memang ada sesuatu di keluarga itu kurangnya waktu komunikasi di antara orang tua dan anaknya gitu ya,” ucap dia.

Rita tak menjelaskan secara rinci perihal penyebab tak terjalinnya komunikasi yang baik antara anak dan orang tua dalam kasus itu.

Lebih lanjut, dia meminta agar orang tua melakukan pengawasan ketat pada anaknya. Dia pun berharap peristiwa serupa tak terjadi lagi di kemudian hari.

“Tentunya titik permasalahannya adalah peran keluarga, keluarga ini harus berperan untuk bisa memperhatikan kegiatan anaknya, mengawasi secara ketat lah kegiatan anaknya,” kata dia.

Sebelumnya, dari rekaman video yang beredar di media sosial terlihat seorang wanita meringkuk jalan. Lalu, terlihat seorang pria yang menendangi wanita tersebut ke bagian punggungnya.

Saat ditendang, wanita itu terdengar berteriak kesakitan. Sementara itu, pria yang menendangi terdengar berujar bahwa wanita itu telah menantangnya. Dari unggahan yang beredar, diduga aksi perundungan itu terjadi di Sarijadi, Kota Bandung.

“Nantangin aku bilangnya jago berantem, emang aku ini lawan cewe, aku gak mandang laki gak mandang cewe loh,” kata pria dalam video sebagaimana dilihat dari akun Instagram @infotibandung, Senin (11/10).

(rif/pojoksatu)