PON XX Diakui Berdampak Positif, Roda Perekonomi Warga Papua Terus Alami Peningkatan

PON XX Bantu Ekonomi Warga Papua/ist

POJOKSATU.id, PAPUA- Gelaran PON XX di Papua yang digelar sejak 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021 ini membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar.


Perekonomian di sekitar venue PON XX meningkat sejak dimulainya gelaran tersebut.

Pasar Lama Timika dan di sekitar venue cabang olahraga Billiar, Timika misalnya setiap harinya dipenuhi pengunjung yang datang untuk membeli oleh-oleh khas Papua.

“Kami masyarakat benar benar terbantu dengan adanya PON Papua ini, kita bisa tambah pendapatan setiap hari,” ungkap Heni warga yang berdagang di arena UMKM Pasar Lama Timika.


Tak hanya di Pasar Lama Timika, pemandangan serupa juga terlihat di banyak Venue PON lainnya. Stand-stand warga yang berjualan oleh-oleh khas Papua hadir di sekitar Venue PON.

Kondisi ini begitu banyak membantu masyarakat yang tinggal di sekitar venue PON dan menjadi tempat berburu oleh-oleh bagi para kontingen dan official atlet PON dari berbagai daerah.

“Kami bangga sebagai putri Papua, dan ke depan ada lagi event-event seperti ini untuk bisa membantu perekonomian kami,” tutur Ade Ika yang berdagang di Venue Renang Teluk Yos Sudarso.

Banyaknya warga asli Papua yang berjualan di sekitar venue juga begitu membantu para kontingen dan atlet dari berbagai daerah ketika akan membeli oleh-oleh.

Agus misalnya, rombongan kontingen dari Jawa Tengah mengungkap begitu terbantu dengan adanya warga Papua yang berjualan di sekitar venue.

“Bagus ya UMKM yang ada di sekitar venue sangat membantu perekonomian daerah, kebetulan saya akan banyak membeli oleh-oleh untuk pulang nanti,” kata Agus.

Selama berlangsungnya PON XX Papua berbagai oleh-oleh khas Papua sangat mudah ditemukan di sekitar venue PON, seperti noken, kopi, dan hasil kerajinan khas Papua lainnya bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

(dhe/pojoksatu)