Bangkit dari Pandemi Covid-19, Wagub Jabar Ajak Warga Angkat Potensi Wisata Desa

dalam acara silaturahim Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Ciamis di Pasir Jati, Desa Sidamulih, Kabupaten Ciamis, Minggu (10/10/2021). Foto: Instagram

POJOKSATU.id, CIAMIS – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Rhuzanul Ulum menekankan, masyarakat pedesaan harus menyadari potensi wisata di daerahnya masing-masing.

Uu meyakini, dengan memanfaatkan dan mengangkat potensi yang dimiliki, secara otomatis akan mendongkrak perekonomian warga desa setempat.

“Karena desa wisata ada di daerah,” ujar Uu dalam acara silaturahim Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Ciamis di Pasir Jati, Desa Sidamulih, Kabupaten Ciamis, Minggu (10/10/2021).

Dengan potensi wisata desa yang dikembangkan itu, maka dengan sendirinya pengunjung akan datang dan membelanjakan uangnya di lokasi wisata itu.


“Maka di situ akan meningkatkan daya beli di daerah tersebut,” terangnya.

“Kami yakin, kegiatan ini (sadar wisata) akan memberikan dampak dan manfaat bagi (ekonomi) Jawa Barat,” sambungnya.

Karena itu, Uu mendorong pembangunan sadar wisata di desa-desa, terlebih yang sudah di-SK-kan kepala daerahnya masing-masing.

“Pemrov Jabar juga bisa memberikan bantuan sarana yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan, seperti akses jalan, sarana parkir, tempat ibadah, atau berupa kedai-kedai,” ungkap Uu.

Saat ini, kata Uu, Pemprov Jabar juga sedang gencar mempromosikan potensi Jawa Barat.

“Baik potensi sumber daya alam laut, perikanan, dan yang lainnya. Termasuk di dalamnya potensi wisata yang ada di desa-desa,” kata dia.

Pengembangan potensi wisata di desa-desa, kata Pak Uu, juga membutuhkan perhatian tidak hanya dari pemerintah.

Akan tetapi, Masyarakat juga perlu ikut terlibat aktif secara langsung untuk mendorong pengembangan potensi wisata dan lahirnya desa- desa wisata di Jabar.

“Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat selalu mendorong dan mendukung keinginan masyarakat, termasuk di dalamnya adalah keinginan masyarakat untuk meningkatkan desa wisata,” tandasnya. (ruh/pojoksatu)