Mantan Bupati Yahukimo Meninggal Dunia di Hotel Jakpus, Polri Langsung Beri Himbaun ke Masyarakat Papua

Penemuan mayat
ilustrasi mayat. Foto : pixabay.

POJOKSATU.id, JAKARTA- Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengungkapkan penyebab kematian mantan Bupati Yahukimo Abock Busup yang ditemukan tewas di salah satu hotel di Jakarta Pusat pada Minggu 3 Oktober sekitar pukul 08.00 WIB.


Saat ditemukan di kamar nomor 1707 Abock Busup telah meninggal dunia. Petugas tak menemukan adanya tanda-tanda kekerasan.

“Dari keterangan dari para saksi ini, tidak ditemukan kekerasan pada tubuh korban,” kata Brigjen Rusdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/10/2021).

Menurut Rusdi, peristiwa meninggalnya yang bersangkutan diketahui saat petugas hotel mengetuk kamar yang bersangkutan, namun petugas hotel tak mendapat jawaban.


Sehingga petugas langsung memberi tahu rekan korban yang berada di kamar hotel 1725.

Alhasil, saat kamar itu dibuka dengan cara manual, Abock Busup sudah tak bernyawa.

“Saat kamar itu dibuka Abock Busup sudah meninggal. Tidak ditemukan benda-benda lain, tidak ditemukan obat-obat pada sekitar jenazah,” ujar Rusdi.

Rusdi menyebut, pihak keluarga tidak berkenan untuk melakukan autopsi, karena itu jendral bintang satu ini menghimmbau agar masyarakat Papua untuk tidak terpancing dengan provokasi dengan berita-berita hoaks yang beredar dari penyebab kematian Abock Busup.

“Kami sudah berkoordinasi dengan adik korban bahwa tidak perlu dilakukan autopsi kepada korban,” ucap Rusdi.

“Masyarakat Yahukimo tidak terprovokasi dengan isu tak benar. Polda Papua sedang tangani dan terus koordinasi dengan Polda Metro Jaya,” tutup Rusdi.

(Fir/pojoksatu)