Bangkitkan Ekonomi, Pemprov Jabar dan BI Jabar Bangun Material Center Bantu Kebutuhan Bahan Baku Industri Kecil dan UMKM

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Arifin Soedjayana (tengah)

POJOKSATU.id, BANDUNG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disindag) Jawa Barat degan dukungan Bank Indonesia Jabar, akan membangun pusat bahan baku atau material center Jabar.

Ini untuk memfasilitasi industri kecil dan UMKM yang masih sering kesulitan mendapatkan bahan baku bagi keberlangsungan industri yang dibangunnya.

Kepala Disindag Jabar, Arifin Soedjayana mengatakan, untuk tahap awal, material center itu akan dibangun bagi keperluan UMKM hingga industri kecil dalam bidang tekstil.

Tahap kedua nantinya adalah untuk UMKM dan industri kecil bidang otomotif.


“Mereka sebenarnya punya modal namun saat ini susah untuk mendapatkan bahan baku, hanya industri besar yang memiliki aksesnya. Akhirnya kita coba bermitra dengan pengusaha besar untuk membuat material center, yang sudah berjalan adalah khusus untuk tekstil dan produk tekstil,” ujar Arifin dalam West Java Industrial Meetin (WJIM) 2021 di Bandung, Jumat (1/10/2021).

Material center ini nantinya dapat menjadi wadah atau penghubung industri kecil dengan industri besar dalam pemenuhan kebutuhan bahan baku pabrik mereka.

Kepala BI Jabar, Herawanto menambahkan, West Java Industrial Meeting (WJIM) 2021 mengusung tema ‘Peran Transformasi Digital dan Pembiayaan dalam Industri menuju Akselerasi Pemulihan Ekonomi’.

“WJIM merupakan forum sinergi pemerintah/otoritas, akademisi, pelaku industri, lembaga keuangan, konsultan dan provider teknis, sekaligus wadah perumusan berbagai kebijakan strategis yang dapat diimplementasikan untuk mendukung percepatan transformasi industri pengolahan, baik skala kecil, menengah maupun besar dalam memasuki industri 4.0,” jelasnya.