Selaras Keinginan Jokowi, SILO Gandeng Hongkong Excellen Bangun Smelter Bahan Baku Baterai Mobil Listrik

Kerjsana PT Silo, Hongkong Excellen. Perusahaan patungan antara CATL produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia

POJOKSATU.id, JAKARTA- Keinginan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat baterai mobil listrik dunia.

Pasalnya keseriusan pemerintah tersebut memantik banyaknya investor dunia yang menanamkan modalnya di tanah air.

Salah satunya adalah Hongkong Excellen. Perusahaan patungan antara CATL produsen baterai mobil listrik terbesar di dunia dengan Putailai produsen katoda baterai lithium terbesar di dunia itu, pada tahap pertama bekerjasama dengan PT SILO membangun smelter RKEF (rotary kiln electric furnace).

Dengan mengandeng PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) yang merupakan bagian dari Salim Group, perusahan papan atas tambang biji besi itu melakukan ground breaking proyek smelter RKEF PT. Excellen Silo Ferroalloy di Kotabaru, Kalimantan Selatan.


“Perusahaan ini memiliki keunggulan di bidangnya masing-masing, kami bekerjasama untuk mencari pasokan sumber daya logam untuk bahan baku baterai mobil listrik. Dengan keunggulan itu, kami bersinergi sehingga menjadi faktor penting penjamin kesuksesan proyek ini,” kata Huang Shanfu, Presiden Direktur PT Excellen Silo Ferroaloy saat meresmikan peletakan batu pertama smeleter, di Kotabaru, Kamis (30/9/2021).

Menurutnya, investasi yang ditanamkan dalam proyek tersebut mencapai USD 65 Juta.

Selanjutnya, kata dia, proyek tahap kedua adalah smelter leaching yang memproduksi bahan baku baterai mobil listrik dengan nilai total investasi sebesar 220 juta USD, di mana direncanakan pembangunan dimulai pada awal tahun 2022, dan commissioning produksi pada Juli 2023.