Demo Mahasiswa Ricuh di Depan Kedubes AS, 17 Mahasiswa Papua Ditangkap Polisi

Ilustrasi.

POJOKSATU.id, JAKARTA- Sebanyak 17 masyarakat dan mahasiswa Papua diamankan Polres Metro Jakarta Pusat saat menggelar aksi peringatan Roma Agreement depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta Pusat.


“Ada 17 orang massa pengunjuk rasa yang diamankan,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi kepada wartawan, Kamis 30 September 2021.

Dirinya mengklaim, pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, segala kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan dilarang. Namu ia berdalih kalau aksi ini tidak punya izin.

“Intinya pada saat PPKM level 3 ini bahwa segala kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan itu dilarang,” ujar dia.


Dia mengaku pihaknya sempat menghimbau sebanyak tiga kali. Tapi, imbauan tidak dihiraukan sampi terjadi adu argumen dan dorong-dorongan antar peserta aksi dan anggota kepolisian.

“Mereka melakukan perlawanan dan melukai petugas kepolisian. Saat ini sedang kami amankan di Polres Jakpus untuk diperiksa,” jelasnya.

(dhe/pojoksatu)