Azis Syamsuddin Diganti Dua Orang Sekaligus, Lodewijk F Paulus dan Adies Kadir, Ini Tugasnya

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto IST

POJOKSATU.id, JAKARTA-– Partai Golkar merombak jajaran pengurus harian sembari membahas nama pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR. Dua nama ini mencuat, Adies dan Lodewijk.


Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, saat masih ada beberapa tahapan yang akan dilakukan Partai Golkar.

Termasuk juga mekanisme yang ada di DPR RI dalam hal pergantian pimpinan DPR.

“Jadi masih ada proses-proses yang harus dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang ada baik di partai maupun di DPR,” ujar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin malam (27/9).


Airlangga hanya memberikan sinyal bahwa surat resmi pengajuan nama pengganti Azis akan disampaikan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani pada hari Rabu sore (29/9).

“Tunggu hari Rabu jam 16.00 sore. Nanti yang menyampaikan Ketua Fraksi Kahar Muzakir didampingi oleh Ketua Umum,” demikian Airlangga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, nama Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F Paulus sudah ditetapkan sebagai calon Wakil Ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin yang mengundurkan diri karena harus berurusan dengan KPK.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir mengatakan, tiga kursi Wakil Ketua Umum Partai Golkar akan diisi orang baru.

Salah satunya, adalah kursi Wakil Ketua Umum Bidang Politik Hukum dan Keamanan yang sebelumny diisi Azis Syamsuddin.

“Dalam rapat pleno tadi diputuskan pergantian antar waktu, ada 3 posisi lowong,” kata Adies usai Rapat Pleno di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin malam (27/9).

Adies mengatakan, bahwa dia dipercaya sebagai pengganti Azis Syamsuddin di kursi Waketum Partai Golkar untuk mengisi kursi kosong sementara Waketum sepeninggal Azis yang ditangkap KPK.

“Kemudian Pak Roem Kono karena menjadi duta besar, Waketum bidang sosial digantikan Pak Firman Soebagyo,” katanya.

“Kemudian Waketum Bidang Penggalangan Strategis Rizal Malarangeng karena jadi komisaris digantikan Pak Erwin Aksa,” terangnya.

Untuk kepengurusan lainnya, sambung Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini, kemungkinan tidak akan mengalami perubahan.

“Kalau untuk kepengurusan DPP kemungkinan tidak ada perubahan. Karena sudah disetujui semua dalam rapat pleno,” pungkasnya.

Dalam info yang berkembang, Adies Kadir digadang-gadang bakal menggantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI.

Namun Adies mengaku sedang menikmati tugas dan fungsinya sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR.

Adies justru menilai masih banyak politikus senior yang mumpuni menggantikan Azis, salah satunya Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus.

“Masih ada senior, seperti Pak Kahar dan Pak Lodewijk, yang lebih pas untuk duduk di posisi tersebut,” kata Adies kepada wartawan, Senin (27/9/2021).

Adies lebih memilih menjadi pimpinan Komisi III ketimbang pimpinan DPR. Dia rela jabatan Wakil Ketua DPR yang ditanggalkan Azis diisi politikus Golkar lainnya. (ral/rmol/pojoksatu)