TNI Lembaga Negara yang Paling Dipercaya Masyarakat, Lembaga Presiden Urutan Kedua

Prajurit Kopassus (ist)

POJOKSATU.id, JAKARTA— Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi lembaga negara yang paling dipercaya masyarakat Indonesia.


Temuan Survei Indikator Politik Indonesia, 90 persen masyarakat cukup percaya pada TNI, hanya 7 persen yang tidak dipercaya.

Presiden Jokowi menjadi urutan kedua. Hasilnya hanya 82 persen yang menyatakan percaya pada lembaga kepela pemerintahan itu.

Sebanyak 15 persen menyatakan tidak percaya pada lembaga Presiden.


Institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berada diurutan ketiga dengan persentase 71 persen dan diikuti Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK) sebanyak 65 persen.

“TNI paling dipercaya, kemudian Presien, Polri, KPK, Kejaksaan, MPR, DPD, DPR dan partai politik, demikian keterangan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi, Minggu (26/9).

Survei ini dilakukan Indikator Politik Indonesia dalam medio 17 sampai 21 September 2021.

Sampel survei sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang dilakukan pada Maret 2018 hingga Juni 2021.

Dari 1.200 responden, margin of error sekitar kurang lebih 2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (ral/rmol/pojoksatu)