IPB University Perkuat Kerjasama dengan 11 Mitra

IPB
IPB University Perkuat Kerjasama dengan 11 Mitra

POJOKSATU.idIPB University sepakat menandatangani Nota Kesepahaman tentang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bersama 11 mitra. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Rektor IPB University, Prof Arif Satria di Science Techno Park IPB University, Kampus Taman Kencana, Bogor, 24/9.


Kesebelas mitra itu adalah Universitas Bojonegoro, Universitas Wiralodra Indramayu, Sekolah Tinggi Pertanian Flores Bajawa, PT Anta Tirta Karisma, Yayasan Ummul Quro, Universitas Mahasaraswati Bali, Gerakan Petani Nusantara, Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan, PT Benih Kelud Nusantara, PT Intisari Media Nusantara (Sariagri.id), dan CV Wish Indonesia.

Prof Arif menegaskan, penandatanganan Nota Kesepahaman ini semakin memperkuat sinergi antara IPB University dengan mitra kerjasama, baik perguruan tinggi, pemerintah, swasta hingga lembaga swadaya masyarakat (LSM).

“Semoga kerjasama ini dapat menginspirasi kampus dan praktisi di lapangan tentang apa-apa yang harus kita teliti, sehingga memiliki impact yang besar untuk perubahan,” katanya.


Dalam kesempatan itu, ia juga mengenalkan Science Techno Park (STP) IPB University kepada para mitra. STP IPB University merupakan satu kawasan dimana aktivitas produksi berbagai inovasi diversifikasi produk pangan dihasilkan. Selain itu, STP IPB University menjadi pusat hilirisasi invensi para sivitas serta menjadi inkubator bisnis bagi para startup untuk mengembangkan bisnisnya.

IPB University sudah mengembangkan berbagai inovasi varietas benih unggul dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Yang belum dikembangkan adalah pasar yang menurut saya punya potensi yang luar biasa besar. Inilah kesempatan kita berkolaborasi untuk pengembangan inovasi benih unggul yang berbasis pada riset,” ujarnya.

Harapan Prof Arif, supaya inovasi IPB University yang dihasilkan memiliki impact yang besar. Untuk menghasilkan impact, butuh kerjasama. Kolaborasi yang diinisiasi Tani Center, sangat penting untuk membuat orkestrasi kerjasama penguatan pertanian dalam arti luas dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan.

Sementara itu, Kepala Tani Center IPB University sekaligus inisiator kerjasama ini, Dr Hermanu Triwidodo mengatakan kerjasama ini merupakan wujud komitmen IPB University dan para mitra untuk memuliakan petani. Tani Center IPB University hadir untuk membuka ruang bagi masyarakat tani dan pedesaan supaya dapat mengakses inovasi teknologi.

“Tani Center IPB University harus inklusif. Dengan MoU ini kita leluasa untuk berkreasi. Kesempatan ini merupakan gambaran bahwa ide harus dibumikan. Saya bangga bahwa para pimpinan baik IPB University maupun mitra sangat berpihak pada petani,” kata Dr Hermanu.

(Rz)