Syarat Naik Pesawat Saat Ini, Perhatikan Alurnya Jangan Sampai Salah

Ilustrasi. Syarat naik pesawat saat ini dan alurnya. (Dok Jawa Pos)

POJOKSATU.id – Syarat naik pesawat saat ini tidak berubah dari sebelumnya meskipun status PPKM sudah turun ke level 3 dan level 2.


Syarat naik pesawat saat ini tetap sama seperti sebelumnya karena pemerintah ingin membatasi mobilitas masyarakat selama periode PPKM 21 September sampai 4 Oktober 2021.

Syarat naik pesawat saat ini diatur dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2021.

Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa hasil uji RT-PCR atau rapid antigen merupakan syarat naik pesawat saat ini, baik di daerah dengan status PPKM Level 3 maupun di daerah yang bersatus PPKM Level 2.


Berikut ini syarat naik pesawat saat ini yang wajib diketahui:

1. Sertifikat Vaksin

Dalam penerapan PPKM Jawa-Bali hingga 4 Oktober 2021, pelaku perjalanan dari dan menuju kota di Pulau Jawa dan Bali, wajib melampirkan kartu/sertifikat vaksinasi Covid-19 minimal 1 dosis dan hasil tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 2×24 jam sebelum penerbangan.

2. Hasil Tes Antigen Maksimal 1×24 Jam

Khusus untuk penerbangan antara kota/kabupaten di Jawa dan Bali, bagi traveler dengan status vaksinasi lengkap 2 dosis dapat menunjukkan hasil tes negatif antigen yang sampelnya diambil maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan.

3. Sertifikat Vaksin Minimal Dosis 1

Dalam penerapan PPKM Level 1-4 luar Jawa-Bali hingga 4 Oktober 2021, traveler dari/menuju kota-kota di luar Pulau Jawa dan Bali, wajib melampirkan kartu/sertifikat vaksinasi Covid-19 minimal 1 dosis dan hasil tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 2×24 jam sebelum penerbangan.

4. Penumpang Harus 12 Tahun ke Atas

Selama perpanjangan PPKM Level 1-4, penerbangan domestik hanya diizinkan bagi keberangkatan penumpang berusia 12 tahun atau lebih.

Syarat Naik Pesawat Internasional

Penerbangan internasional hanya melalui dua bandara yakni Bandara Udara Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Sam Ratulangi, Manado.

Syarat naik pesawat untuk penerbangan internasional harus dipenuhi oleh pelaku perjalanan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Berikut ini syarat naik pesawat untuk penerbangan internasional:

1. Sertifikat Vaksinasi Dosis 2

Calon penumpang untuk penerbangan internasional wajib menunjukkan bukti vaksinasi dosis kedua.

2. WNI Divaksin di Tempat Karantina

Warga negara Indonesia (WNI) yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 di luar negeri akan divaksin di tempat karantina di Indonesia.

3. WNA Wajib Vaksin Dosis 2

Warga negara asing (WNA) wajib menerima vaksin dosis kedua sebelum masuk ke Indonesia.

4. Karantina 8 Hari

Pelaku perjalanan dari luar negeri juga harus bebas dari Covid-19 yang dibuktikan dengan hasil uji RT-PCR dan tetap menjalani masa karantina selama 8 hari.

5. Tiga Kali Tes PCR

Penumpang dari luar negeri akan menjalani tes RT-PCR sebanyak 3 kali, yakni sebelum terbang ke Indonesia, saat tiba di Indonesia, dan setelah masa karantina selesai.

6. Boleh Masuk Jika Negatif Covid-19

Pelaku perjalanan yang dinyatakan negatif Covid-19 dari hasil 3 kali uji RT-PCR diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan di Indonesia ke tempat tujuannya masing-masing.

Alur Naik Pesawat Selama PPKM

Pelaku perjalanan wajib mengetahui alur naik pesawat selama masa PPKM.

Calon penumpang diharapkan datang ke bandara 3 jam sebelum penerbangan. Sebab, para calon penumpang harus menjalani beberapa tahap pemeriksaan.

Berikut ini alur naik pesawat selama masa PPKM:

1. Pemeriksaan Suhu Tubuh

Suhu tubuh pelaku perjalanan harus di angka normal atau berada di angka 36 derajat celsius.

2. Pemeriksaan Barang Bawaan

Selain memeriksa suhu tubuh, petugas juga akan memeriksa barang bawaan calon penumpang.

3. Pemeriksaan Sertifikat Vaksin

Petugas bandara dari kantor kesehatan pelabuhan (KKP) akan memeriksa dan melakukan validasi sertifikat vaksin dan kartu tes RT-PCR atau antigen dari pelaku perjalanan.

Para calon penumpang sebaiknya membawa print out surat bebas Covid-19 dan surat vaksin. Hal itu dibutuhkan jika aplikasi PeduliLindungi terjadi masalah.

4. Chek-in

Para penumpang check-in ke konter maskapai atau mesin yang tersedia dan kemudian ke ruang tunggu. Saat melakukan chek-in, pihak maskapai akan mengecek kelengkapan surat vaksin juga tes Covid-19.

5. Masuk Ruang Tunggu

Pada taha ini, pelaku perjalanan akan menuju ke ruang tunggu sebelum terbang.

6. Jaga Jarak

Pada saat berada di ruang tunggu, pihak maskapai akan mengingatkan kepada seluruh penumpang untuk menjaga jarak satu sama lain.

7. Naik Pesawat

Pada tahap ini, penumpang dari ruang tunggu diarahkan untuk naik ke pesawat dengan tetap menjaga jarak.

8. Isi E-HAC

Tahap terakhir adalah setiap penumpang wajib mengisi E-HAC (electronic health alert card) melalui aplikasi PeduliLindungi. Syarat ini ditunjukkan ke petugas KKP di bandara domestik tujuan.

Itulah syarat naik pesawat saat ini dan alurnya. Perhatikan baik-baik, jangan sampai salah. (one/pojoksatu)