Ormas BPPKB Bentrok dengan PP Cianjur, Warga Risih dan Cemas, Lebih 100 Polisi Disiagakan

Satu orang meninggal dunia akibat bentrok PP dan BPPKB di batas Cianjur Sukabumi (ist)

POJOKSATU.id, CIANJUR— Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan mereka sudah menyiagakan lebih 100 polisi usai bentrok BPPKB dan Pemuda Pancasila (PP) di perbatasan Cianjur-Sukabumi.


Ormas BPPKB dan PP terlibat bentrok di perbatasan Cianjur-Sukabumi tepatnya di Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Minggu siang (26/9/2021).

Warga merasa kejadian itu mengganggu karena menyebabkan kemacetan dan membuat resah warga di sana.

“Ia ringrang (khawatir) soalnya ramai orang juga pakai seragam salah satu ormas ngebut, motong jalan. Risih juga jalanan macet,” kata Ramadhan, salah seorang pengguna jalan, Minggu (26/9/2021).


Sesudah kejadian bentrok, polisi sudah melakukan pengamanan di TKP.

Ramadhan yang tengah dalam perjalanan menuju Cianjur dari Sukabumi, juga sempat melihat petugas kepolisian yang menghentikan sekelompok pria berpakaian salah satu ormas.

Polisi, menurutnya melakukan penyekatan di ruas jalan menuju arah Cianjur dari Sukabumi.

“Ada beberapa anggota ormas pakai motor yang disetop polisi, kabarnya mereka mau ke lokasi markas ormas lawannya yang dirusak. Pokoknya situasi tidak nyaman karena khawatir,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan mereka mengamankan senjata tajam dan juga kendaraan roda dua dan roda empat dari sekitar lokasi bentrok.

“Dari TKP kita mengamankan senjata tajam dan kendaraan roda dua dan roda empat,” katanya

Saat ini, Diturunkan 100 personel dari Polres Cianjur. Kapolres juga mengaku sudah meminta bantuan pengamanan ke Kapolres Sukabumi.

Polisi juga sudah melakukan pengamanan di pos masing masing ormas, baik itu ormas Pemuda Pancasila maupun BPPKB.

“Belum ada yang diamankan. Masih melakukan penyelidikan. Siapa pelaku (yang menyebabkan meninggal) dan apa pemicunya,” jelasnya.

Bentrokan antara ormas BPPKB dengan Pemuda Pancasila (PP) terjadi di perbatasan Cianjur-Sukabumi, Minggu siang (26/9). Satu orang tewas dan satu luka parah akibat bentrok.

Dari video yang beredar, terlihat puluhan orang menggunakan atribut Pemuda Pancasila atau PP mendatangi sebuah pos yang berada di pinggir jalan.

Pos tersebut merupakan milik Barisan Persaudaraan Potensi Keluarga Banten Bersatu atau BPPKB. (ral/int/pojoksatu)