Keseruan Masak Bersama Sahabat Agrianita Sedunia di ACFF 2021

POJOKSATU.id – Agrianita’s Craft and Food Festival (ACFF) yang digelar Agrianita IPB University kerjasama dengan Alumni IPB University Angkatan 32 yang dikenal dengan sebutan IPB 32 Juara salah satunya menampilkan aksi unik yakni Masak Bersama Sahabat Agrianita Sedunia.


Sahabat Agrianita dari berbagai belahan dunia mengikuti acara seru ini. Mereka diantaranya tinggal di Jepang, Australia, Belanda, Norwegia, Turki, Afrika Selatan, Malaysia dan tentu Indonesia. Suara panci berdentang dari berbagai negara terekam dalam ruang zoom. Yel-yel membahana, menggelorakan semangat untuk menyajikan hidangan terbaik.

Tak hanya para sahabat Agrianita, acara ini juga dihadiri pengunjung yang bisa menyaksikan keandalan dua chef dalam menyajikan menu-menu penggugah selera. Mereka adalah Chef Febi Krisnandi (Head Chef IPB International Convention Center & IPB Hotel) yang mempraktikkan bagaimana membuat pansier ayam sambal matah dan Chef Maulana M Ivan (Executive Chef Ibis Styles Bogor Pajajaran) yang mempraktikkan cara membuat asinan Bogor.

Chef Febi memberikan tips unik agar pansier ayam menjadi legit, juga bagaimana sambal matah terasa maknyus.


Sambal matah merupakan sambal tradisional Bali yang dapat dengan mudah ditemukan di Pulau Dewata ini. Sambal matah simple ala Chef Febi berbahan dasar bawang putih, cabai, serai, daun jeruk dan terasi. “Bawang putih dan serai itu satu banding satu (jumlahnya). Kemudian cabai rawit setengah jumlahnya (dari serai dan bawang putih),” jelas Chef Febi.

“Iris tipis-tipis daun jeruk lalu sisihkan. Terasi bebas, yang penting digoreng dengan minyak atau dipanggang jika tidak ingin banyak minyak,” papar Chef Febi.

Selanjutnya panaskan minyak jelantah. Jika minyak sudah panas, tuangkan ke dalam mangkuk yang di dalamnya sudah berisi bahan-bahan lainnya. “Terakhir, tambahkan sedikit air perasan jeruk limau secukupnya atau sesuai selera untuk memberikan sambal matah rasa segar. Sambal matah pun siap disajikan, ” ujarnya.

Kesegaran Asinan Bogor membuat sahabat Agrianita tentu rindu untuk menyajikan hidangan ini, apalagi bagi mereka yang saat ini tinggal di luar negeri. Chef Maulana M Ivan mengobati kerinduan para ibu di berbagai belahan dunia ini dengan berbagi tips membuat asinan Bogor yang super enak. Bahan-bahan untuk membuat kuah asinan Bogor ala Chef Maulana antara lain: cabai merah, cabai rawit, gula pasir, garam, ebi dan cuka. Sementara buah-buahan bisa dipilih kedongdong, salak, jambu air, nanas dan ubi jalar.

“Semua bahan bumbu diblender dengan takaran air secukupnya hingga warna air menjadi merah. Setelah itu dimasak hingga mendidih lalu disaring. Potong buah dengan ukuran selera masing-masing. Langkah selanjutnya masukan kuah secukupnya setelah air menjadi dingin. Kuah bisa awet untuk dikonsumsi dua mingguan dengan dimasukkan ke dalam kulkas, ” jelasnya.

(ns)