PT Sentul City Kuasai 3.000 Hektar Lahan, Amien Rais Bilang Bandit Ekonomi

Amien Rais. (Instagram)

POJOKSATU.id – Mantan Ketua MPR, Amien Rais membeberkan data berapa luas lahan yang dikuasai PT Sentul City Tbk. Menurut Amien, Sentul City kuasai 3.000 hektar lahan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Hal itu dikatakan Amien Rais dalam video yang diunggah di akun Instagramnya @amienraisofficial berjudul “Rocky Gerung VS PT Sentul City, Potret Keadilan VS Kezaliman” pada Kamis (23/9/2021).

“Saya sepenuhnya setuju dengan pendapat Mas Fadli Zon bahwa sengketa tanah antara Rocky Gerung VS PT. Sentul City merupakan kasus gunung es,” ucap Amien.

Sekarang ini 66% daratan Indonesia dikuasai oleh 1% kelompok pengusaha dan korporasi besar.


“Dengan penguasaan lahan yang luar biasa itu oleh mereka itu para bandit ekonomi, katakanlah, itu sudah benar-benar menghina bangsa Indonesia,” jelas Amien Rais.

Sentul City Kuasai Lahan Sejak Orde Baru

Amien mengatakan Sentul City menguasai 3.000 hektar sejak masa Orde Baru, taptnya April 1993.

“PT Bukit Sentul, sekarang menjadi PT Sentul City Tbk, berdiri pada April 1993. Pada waktu itu masih jaya-jayanya rezim Orde Baru,” ucapnya.

Rezim Orde baru melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor memberikan dua sertifikat hak guna bangunan (HGB).

“Oleh BPN Kabupaten Bogor lewat dua HGB, Sentul City menguasai 3.000 hektar tanah di wilayah Kabupaten Bogor, 3.000 hektare,” tegasnya.

Lahan yang dikuasai PT Sentul City 3.000 hektar itu berupa proyek perumahan berkonsep resor Sentul City.

“Satu hektare itu 10.000 meter persegi. Jadi, Sentul menguasai lahan 30 juta meter persegi,” jelas Amien.

“Dengan penguasaan lahan yang luar biasa oleh mereka itu, para bandit ekonomi itu betul-betul sedang menghina bangsa Indonesia,” pungkas Amieb Rais.  (one/pojoksatu)