Presiden Jokowi Minta Masyarakat Waspadai Gelombang Ketiga Covid-19

Presiden Jokowi. Foto Reprd Youtube Sekretariat Presiden

POJOKSATU.id, JAKARTA — Luhut Binsar Panjaitan mengungkap pesan Presiden Jokowi bahwa penyebaran Covid-19 gelombang ketiga tetap mungkin saja terjadi.


Namun Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyatakan penyebaran Covid-19 sudah bisa dikendalikan.

“Seperti kita ketahui, hari ini kasus baru 1.932, sembuh 6.799, meninggal 166, dengan testing 150 ribu sekian,” kata Luhut Panjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9/2021).

Koordinator PPKM Pulau Jawa dan Bali Luhut Panjaitan menjelaskan apa yang telah dicapai terkait penanganan Covid-19 adalah buah kerja keras semua pihak.


Presiden Jokowi, kata Luhut Panjaitan, meminta agar tetap waspada.

“Jadi saya katakan bahwa angka ini kerja keras semua tim, saya kira membuahkan hasil yang cukup menggembirakan,” jelasnya.

“Tetapi, tetap tadi Presiden mengingatkan kami, untuk kita semua super waspada menghadapi ini, karena bukan tidak mungkin ada gelombang ketiga,” ungkap Luhut.

Sebelumnya, Luhut mengungkapkan angka reproduksi efektif Corona Indonesia sudah berada di bawah 1, yakni sebesar 0,98. Itu berarti, setiap 1 kasus COVID-19 rata-rata menularkan ke 0,9 orang.

“Angka ini dapat diartikan bahwa pandemi COVID-19 di Indonesia telah terkendali. Ini penilaian dari tim penasihat dari kami,” sebut Luhut Panjaitan. (ral/int/pojoksatu)