Pengacara Kecewa Alex Noerdin Ditahan, Gubernur Sumsel Prihatin

Alex Noerdin ditahan di Rutan Cipinang Cabang KPK. Foto via Sumeks

POJOKSATU.id, JAKARTA – Mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin ditahan penyidik Kejaksaan Agung (Kejagung).


Alex Noerdin ditahan setelah diperiksa dan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi oleh BUMD Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan tahun 2010-2019.

Alex Noerdin ditahan bersama Muddai Maddang selaku Komisaris PDPDE Sumatera Selatan.

BACA: Mantan Gubernur Alex Noerdin Ditahan, Rumahnya Lengang


Penahanan Alex Noerdin membuat pengacaranya, Soesilo Aribowo kecewa.

Soesilo Aribowo mengaku kecewa karena kliennya diperiksa oleh penyidik, langsung ditetapkan sebagai tersangka, dan ditahan.
Padahal, kata dia, Alex Noerdin adalah anggota DPR Fraksi Golkar, sehingga tidak mungkin melarikan diri.

“Tentu saya keberatan karena tidak patut penahanan ini menurut saya, satu, yang bersangkutan adalah anggota DPR, yang tidak mungkin akan mengulangi perbuatannya, menghilangkan barang bukti dan melarikan diri,” kata Soesilo, Kamis (16/9/2021).

Diketahui, hari ini Alex menyambangi Kejagung untuk menghadiri pemeriksaan sebagai saksi.

Aetelah diperiksa, Alex langsung ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

“Ini tadi diperiksa saksi, langsung ditetapkan tersangka dan ditahan dalam beberapa jam, tidak paham saya metode yang dipakai,” kata Soesilo.

Alex Noerdin ditahan. Foto: istimewa

Soesilo mengaku masih memikirkan langkah hukum apakah akan mengajukan permohonan praperadilan atau tidak.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, peristiwa ini menjadi perhatian karena, jika seseorang saksi diperiksa, langsung ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

“Ini menjadi warning untuk siapa pun kalau seseorang diperiksa saksi di Kejagung, bisa langsung tersangka, ditahan, dan nggak pulang,” katanya.

Alex Noerdin ditahan di Rutan Cipinang cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Gubernur Sumsel Prihatin Alex Noerdin Ditahan

Gubernur Sumsel Herman Deru

Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru, turut prihatin dengan masalah hukum yang membelit mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

“Saya prihatin karena saya secara pribadi tidak ada masalah dengan pak Alex,” ujar Deru saat di temui di Kantor Gubernur Sumsel, Kamis (16/9)

Dikatakan Deru, dirinya sangat berhubungan baik dengan Alex Noerdin sejak tahun 1994. Walaupun kemarin pernah berselisih saat pemilihan gubernur berlangsung.

“Saya berhubungan baik dengan Alex Noerdin, bahkan sejak dia jadi ketua penjabat Kota Palembang 1994. Saya banyak dinasehatinya, secara pribadi saya memang tidak ada masalah,” bebernya

Lebih lanjut, Deru mendoakan semoga Alex bisa kuat dengan musibah yang sedang dihadapi saat ini.

Deru juga mengimbau agar Alex Noerdin dapat memberikan keterangan yang lugas dan tegas.

Hal ini dimaksudakan agar Alex Noerdin dapat terbebas dari jeratan hukum.

“Yang jelas sebagai adeknya saya mendoakan agar beliau kuat, tabah menghadapi kondisi ini. Dan dapat memberikan keterangan yang selugas lugasnya mudah-mudahan beliau bisa lepas dari jerat hukum,” pungkasnya. (edy/sumeks)