Ancaman Tegas Dirlantas Polda Metro, Anggota yang Terbukti Pungli SIM, Siap-siap Langsung Turun Pangkat

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo

POJOKSATU.id, JAKARTA- Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mewanti-wanti anggota agar tak melakukan pungutan liar (Pungli) dalam proses pembuatan surat izin mengemudi (SIM).

Tak tanggung-tanggung, kata Sambodo, sanki hukuman bila ada anggota yang terbukti melakukan Pungli ancaman sanksinya yakni mutasi hingga penurunana pangkat.

“Ada sidang kode etik, kalau terbukti bisa dimutasi, perubahan jabatan hingga turun pangkat,” kata Sambodo kepada wartawan, Kamis (16/9/2021).

Sambodo menyebut, tindakan tegas terhadap pungli yang kerap terjadi di lingkungan Samsat dan Satpas itu merupakan upaya pihaknya meminimalisir pungutan pungli tersebut.


“Ini sebagai upaya punishment secara tegas bagi anggota yang terbukti,” ujarnya.

Selain itu, upaya lain mencegah pungli di lingkungan Samsat dan Satpas, pihaknya akan melakukan peningkatan pengawasan CCTV yang langsung terhubung ke tiga aplikasi SINAR, SIONDEL dan  SIGNAL.

“Aplikasi SINAR untuk perpanjangan SIM, aplikasi SIONDEL dan  SIGNAL untuk masyarakat yang ingin memperpanjan STNK, sistem online ini mengurangi interaksi antara petugas dan masyarakat dapat berkurang,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh P. Nugroho mengatakan pihaknya pernah menemukan praktik dugaan pungli di Samsat Jakarta Timur. Pihaknya lalu melaporkannya ke Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya.

Teguh P Nugroho juga menuturkan pertanyaan pers mengenai ramainya pemberitaan terkait cuitan dari pegiat antikorupsi Emerson Yuntho soal adanya dugaan pungli di Samsat Jakarta Timur memang kerap terjadi di lapangan.

“Temuan pada umumnya sama, mulai dari persoalan pungli di pelayanan lima tahunan, cek fisik kendaraan, legalisir hasil cek fisik, dan proses mutasi kendaraan bermotor,” katanya, Selasa (7/9).

(fir/pojoksatu)

 

(fir/pojoksatu)