TKW di Irak Minta Pulang, Ini Penjelasan Pemkab Karawang

POJOKSATU.id, KARAWANG – Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) memastikan akan membantu pemulangan TKW di Irak.


Kepala Bidang Bina Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja di Disnakertrans Karawang, Endang Syafrudin menyatakan, pihaknya tidak akan tinggal diam.

“Atas nama pemerintah pasti dibantu mau (TKI) legal ataupun ilegal. Dan kami sudah diperintahkan oleh ibu bupati untuk begerak cepat membantu,” ujar Endang, kepada PojokJabar.com, Selasa (15/9/2021).

Pihaknya pun secepatnya akan membuat surat yang ditujukan ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk membantu warganya yang mengalami penyiksaan oleh majikannya di Irak tersebut.


BACA: DPR Desak Pemerintah Buru Agency yang Jual TKW Indonesia ke Irak: Ini Tanggung Jawab Mereka!

“Kami akan membuat surat ke Kemenlu apabila TKI itu berangkat non prosedural, kalau berangkat prosedural maka kami kirm surat ke Kementrian Tenaga Kerja,” katanya.

Hal serupa, kata dia, pernah dilakukan Pemkab Karawang ketika membantu kepulangan dua TKW ilegal yang juga bekerja di Irak pada tahun 2019 lalu.

Mayoritas TKW non prosedural ini berangkat menggunakan visa kunjungan atau traveling.

“Saran saya ke warga Karawang yang ingin berangkat kerja ke luar negeri, silahkan secara prosedur yang baik agar bisa tecatat dan ketika ada masalah bisa lebih gampang dibantu,” ujarnya.