Ketika Gibran Rakabuming Raka Saling Puji dengan Anies Baswedan, Maksud dan Tujuannya Apa?

Gibran Rakabuming Raka (kanan) saat menghadiri acara donor darah dan plasma konvalesen Pimpinan Wilayah (PW) NU DKI Jakarta, Sabtu (11/9/2021). (Foto: Dok. PWNU DKI Jakarta)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka ketahuan saling puji dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Tujuannya dan maksudnya belum diketahui.


Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka memuji Anies Baswedan terkait penanganan Covid-19 di DKI Jakarta.

Gibran Rakabuming Raka memuji capaian vaksinasi Covid-19 di Jakarta yang sudah di atas 100 persen.

Hal itu diutarakan Gibran saat menghadiri donor darah PWNU DKI pada Sabtu (11/9/2021) kemarin. Dalam sambutannya, Gibran menjadikan Jakarta sebagai kota percontohan penanganan COVID.


“Ini mumpung ada Pak Wagub (DKI) saya curhat sedikit, jadi kami di Solo tiap kali rapat COVID yang saya jadikan percontohan pasti Jakarta,” jelas Gibran dalam video beredar seperti dilihat Selasa (14/9).

“Jakarta vaksinasinya sudah di atas 100 persen, Solo juga harus mengejar, mohon maaf kami masih di angka 98 persen,” ucapnya lagi.

Gibran juga menyinggung stok plasma konvalesen di Jakarta yang melimpah. Kota Solo, akan mengejar capaian itu.

“Ini juga kami kejar di Kota Solo biar makin melimpah, sekali lagi ini luar biasa sekali kerja keras Pak Anies, Pak Riza untuk Jakarta ini benar-benar jadi percontohan untuk kami di daerah,” ujar Gibran.

Gubernur DKI Anies Baswedan pun membalas memuji kepemimpinan Gibran.

Gibran dinilai sebagai pemimpin muda yang punya ikhtiar besar menuntaskan pandemic Covid-19.

“Sesungguhnya itu adalah pujian buat semua. Jadi, bukan saja dialamatkan ke Gubernur tapi dialamatkan kepada kerja bersama,” kata Anies di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (14/9).

Anies Baswedan kemudian menyinggung peran Kapolda Metro Jaya, Kajati DKI, dan Pangdam Jaya dalam kolaborasi penanganan Covid-19.

Menurut Anies, kolaborasi itu yang memuluskan program vaksinasi di Jakarta.

“Kami terima kasih sekali kepada Mas Gibran, Pak Wali Kota memberikan perhatian kepada Jakarta dan memantau apa yang kami kerjakan di sini,” ujar Anies.

Anies memuji Gibran yang mampu menggenjot vaksinasi hingga 98 persen di Solo.

Anies pun optimistis terhadap generasi baru yang ditunjukkan Gibran dalam penanganan COVID-19.

Anies menekankan kunci penanganan COVID-19 adalah kolaborasi, kerja sama, dan kekompakan untuk mencapai ukuran dan targetnya sama.

“Itu bukan sesuatu yang sederhana karena kita tahu persis kerumitan melakukan proses vaksinasi. Jadi, Solo bisa mencapai 98 persen, kepemimpinan Mas Gibran itu menunjukkan ada satu ikhtiar besar,” kata Anies Baswedan.(ral/int/pojoksatu)