Renovasi Makam Marhaen Diresmikan Juli, Ridwan Kamil Baru Unggah Sekarang di Medsos, Netizen Riuh

Bung Karno dan Marhaen (ist

POJOKSATU.id, BANDUNG— Renovasi makam Marhaen di Batununggal Kota Bandung diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Juli 2021 lalu. Netizen riuh menanggapi Facebook RK.


Foto-foto renovasi makam Marhaen ini diunggah Ridwan Kamil di akun Facebooknya.

Selain foto makam yang direnovasi, Gubernur Ridwan Kamil juga mengunggah foto Soekarno yang bertemu dengan Marhaen yang diabadikan juru foto saat itu.

Ridwan Kamil juga mengunggah kutipan terkenal Soekarno mengenai sosok Marhaen ini.


“Dia menyebut namanya Marhaen. Aku akan memakai nama itu untuk menamai seluruh rakyat Indonesia yang bernasib malang seperti dia. Semenjak saat itu, kunamakan rakyatku Marhaen”. Bung Karno.

Makam Marhaen diresmikan Ridwan Kamil Juli lalu (ist

“Alhamdulillah, renovasi situs sejarah makam Ki Marhaen sudah kami renovasi, perbaiki. Lokasinya di Batununggal Kota Bandung,” kata Ridwan Kamil di status Facebooknya.

Dikatakan Ridwan Kamil, pertemuan Bung Karno dengan petani muda Marhaen di pinggiran sawah Bandung tahun 1920-an lah yang menjadikan inspirasi perjuangan kerakyatan Bung Karno dan mengilhami sila ke -5 Pancasila “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

“Jika kita menghargai sejarah, maka sejarah akan balik menghargai masa depan kita,” kata Ridwan Kamil dalam unggahan itu.

Beberapa netizen riuh dan memberikan argumen masing-masing atas unggahan itu. Sejam saja, ratusan komentar bermunculan.

Ada juga yang mengaitkan dengan pilres beberapa tahun nanti dengan memasangkan Ridwan Kamil dengan Puan Maharani. (ral/pojoksatu)