Larangan Pengibaran Bendera Merah Putih di PIK, Pemuda Utara Bergerak Tuntut Jokowi harus Tangung Jawab

Konferensi Pemuda Utara Bergerak terkait pelarangan pengibaran bendera Merah Putih saat HUT Kemerdekaan RI di kawasan perumahan Pantai Indah Kapuk. Foto net

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemuda Utara Bergerak menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertanggungjawab terkait insiden pelarangan pengibaran bendera Merah Putih di kawasan Pantai Indah Kapuk.

Juga karena tidak terlihatnya bendera Merah Putih yang terpasang di kawasan perumahan elite itu pada HUT Kemerdekaan RI ke-76.

Pimpinan Pemuda Utara Bergerak, Ginting sangat menyesalkan hal tersebut.

Ia menilai pemerintah dan aparatur negara dalam hal ini sudah lalai dan lemah akan nasionalismenya.

“Terbukti bahwa masyarakat dan pengelola serta pengembang perumahan kawasan di Pantai Indah Kapuk diduga telah melanggar UU 24/2009 Pasal 7 Ayat 3,” ujar Ginting, Minggu (29/8/2021).


Ginting merujuk Pasal 7 Ayat 3 UU 24/2009 mengatur tentang lambang negara yang harus dan wajib diberlakukan kepada seluruh rakyat Indonesia di seluruh wilayah NKRI.

Atas hal tersebut, Pemuda Utara Bergerak menyampiakan sejumlah tuntutan.

“Presiden Joko Widodo harus bertanggung jawab secara moral kepada seluruh rakyat Indonesia atas kejadian pada Tanggal 17 Agustus 2021 di kawasan perumahan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara,” kata Ginting dilansir dari RMOL (jaringan PojokSatu.id).

Padahal, kata Ginting, hari tersebut merupakan hari paling bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia.