4 Keunggulan WhatsApp Web Dan Sejarahnya

Ilustrasi WhatsApp Web

POJOKSATU.id, JAKARTA – WhatsApp Web atau WA Web merupakan fitur WhatsApp yang memudahkan pengguna agar dapat membuka akun yang dimiliki melalui perangkat PC atau laptop dengan menggunakan browser.


Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda bisa menerima dan mengirim pesan tanpa harus mengaksesnya melalui ponsel.

Fitur ini tentu sangat berguna bagi Anda yang sering menggunakan laptop atau PC untuk kerja.

Anda tidak perlu berulang kali mengecek ponsel untuk membalas pesan, karena semuanya bisa dilakukan secara lebih mudah melalui PC/laptop. Sambil berkomunikasi, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.


Sejarah WhatsApp Web

Fitur WhatsApp Web secara resmi pertama kali dirilis pada tanggal 22 Januari 2015.

Konsep dari sistem kerja aplikasi ini adalah akses pengiriman dan penerimaan pesan yang bisa dilakukan melalui PC atau laptop.

Seperti aplikasi WhatsApp mobile yang sudah lebih dulu digunakan banyak orang, WA versi web ini membutuhkan koneksi internet yang bagus untuk dapat beroperasi.

WA versi web ini bisa diakses melalui portal online resmi yang telah disediakan oleh pengembang yaitu di web.whatsapp.com.

Portal tersebut bisa menghubungkan akun WA yang dimiliki pengguna untuk dapat diakses melalui perangkat laptop atau PC. Sinkronisasi diperlukan untuk dapat menghubungkan akun WA pada ponsel ke situs web.

Tersedia QR Code yang harus dipindai oleh pengguna melalui ponsel sehingga dapat melakukan proses sinkronisasi. Situs web akan langsung memunculkan history pesan yang dimiliki pengguna.

Keunggulan WhatsApp Web

WA versi web hadir dengan berbagai keunggulan untuk memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi para pengguna saat mengakses sarana komunikasi.
Dengan begitu produktivitas harian Anda pun bisa semakin meningkat, karena hanya membutuhkan satu perangkat untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki WA versi web dilansir laman suratkabar.id.

1. Lebih ringan

Aplikasi versi web ini menggunakan halaman situs untuk dapat berjalan sehingga lebih ringan dan fleksibel. Pengguna bisa dengan mudah mengkoneksikan dan memutuskan sinkronisasi tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

2. Lebih hemat waktu

Menggunakan WhatsApp Web mampu membantu Anda mengurangi intensitas mengakses ponsel hanya untuk mengecek atau membalas pesan.

Anda bisa tetap mengakses pesan sambil melakukan berbagai pekerjaan di perangkat yang sama. Kondisi ini membantu Anda untuk menghemat waktu secara lebih optimal.

3. Bisa kirim file langsung dari PC/laptop

Selain digunakan untuk mengirim dan membalas pesan, aplikasi WhatsApp juga sering digunakan untuk mengirim gambar, dokumen, video dan lain sebagainya.

Meskipun tidak semua fitur yang tersedia pada WA mobile dapat diakses melalui web, namun fitur yang satu ini sangat bermanfaat bagi pengguna. Anda bisa lebih mudah mengirimkan file yang ada pada perangkat PC atau laptop.

Tinggal memilih file yang inginkan dan kirim. Anda tidak perlu lagi memindahkan file tersebut ke ponsel terlebih dahulu.

Hal ini tentu lebih menghemat waktu dan berbagai urusan Anda bisa selesai dengan lebih cepat. Apalagi jika harus mengirimkan banyak pesan ke beberapa pengguna sekaligus, WhatsApp Web bisa lebih diandalkan.

4. Mengetik jadi lebih mudah

Aplikasi WhatsApp web terhubung langsung dengan perangkat yang digunakan, begitu juga keyboard. Hal tersebut memudahkan Anda untuk mengetik pesan yang ingin dikirimkan. Apalagi jika pesan yang ingin dikirim cukup panjang.

Penggunaan keyboard memudahkan pengguna untuk membalas dan mengirim pesan dengan lebih cepat.

Penggunaan WA versi web sangat disarankan bagi Anda yang ingin fast respon sambil melakukan berbagai pekerjaan sekaligus pada laptop/PC.

Berbagai keunggulan WA web akan memberikan sarana komunikasi yang lebih fleksibel dan mudah diakses.

Di zaman digitalisasi seperti sekarang ini tentu WhatsApp sangat dibutuhkan, karena bukan hanya bisa digunakan untuk keperluan pribadi saja, namun juga untuk keperluan bisnis. (*/pojoksatu)