Pengamat Politik: Jusuf Kalla Tahan Diri Saja, Jangan Sok Pahlawan

Jusuf Kalla bertemu dengan utusan dan petinggi Taliban. Foto net

POJOKSATU.id, JAKARTA— Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie meminta Jusuf Kalla menahan diri dan jangan sok pahlawan terkait Taliban dalam konflik Afghanistan.

Menurut Massie, pernyataan-pernyataan yang disampaikan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengenai dinamika yang terjadi di Afghanistan, sebaiknya dicukupkan saja.

Apalagi, pernyataan tersebut terkesan memberi dukungan kepada Taliban yang menggulingkan pemerintahan yang sah.

“Bagi saya, JK tahan diri saja. Jangan sok pahlawan,” ujar kata pengamat politik dari Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, Senin (23/8).


Jerry Massie membaca bahwa JK terkesan sedang berupaya menunjukkan diri mampu menyelesaikan konflik di Afganistan. Padahal, sambungnya, apa yang dipijak JK terlalu jauh.

JK tidak dalam kapasitasn untuk ikut campur urusan Afghanistan. Setidaknya, JK saat ini bukan utusan PPB untuk perdamaian.

“Saat ini juga tak ada kolerasinya antara Taliban dan JK. Tapi dalam berapa komentar dia kelihatan pembela Taliban dan justru tak tak mendukung pemerintah yang sah,” sambung Jerry Massie.

Lebih lanjut, dia meminta JK untuk berhenti membuat pernyataan yang membela Taliban. Lebih baik, JK menyerahkan urusan tersebut pada Kementerian Luar Negeri

“Ini urusan Kemenlu saja. Tapi bagi saya Indonesia jangan mengakui kedudukan Taliban,” demikian Jerry Massie. (ral/rmol/pojoksatu)