Gotong Royong dan Kolaborasi Kunci Keluar dari Pandemi

Menkominfo Johnny G Plate

POJOKSATU.id, JAKARTA – Kunci agar Indonesia bisa keluar dari pandemi Covid-19, adalah kolaborasi dan gotong royong semua pihak. Hal itu bahkan sudah terbukti saat Indonsia mengalami masa sulit.


“Peran masyarakat, swasta, UKM, organisasi, komunitas, bahkan setiap individu sangat penting dalam membantu masyarakat atau orang sekitar kita di masa pandemi. Khususnya saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” ujar Menkominfo Johnny G Plate, Senin (23/8).

Johnny lalu mencontohkan inisiatif banyak pihak, baik perusahaan, komunitas maupun individu yang turun langsung ke lapangan dengan memberikan donasi, sembako atau oksigen gratis.

Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk terus menguatkan kolaborasi ini.


“Dengan semangat gotong royong dan kolaborasi bangsa Indonesia, mari kita bersama-sama, bahu membahu untuk meringankan beban sesama dalam menghadapi pandemi, khususnya di masa PPKM seperti sekarang ini,” ajaknya.

Chief Visionary Officer KALBU Iman Hanggautomo mengatakan, pandemi tidak hanya memberi dampak terhadap kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental masyarakat luas.

Sayangnya, selama ini penanganan dan perhatian terhadap permasalahan ini belum menjadi prioritas utama.

Pihaknya pun menyediakan platform KALBU untuk menghubungkan orang-orang yang membutuhkan diskusi atau konsultasi terkait kesehatan mental dengan praktisi kesehatan mental yang mumpuni.

“KALBU menyediakan layanan yang mudah di akses, aman dan nyaman, melalui website www.KALBU.life,” kata Iman.

Pihaknya juga mengajak semua untuk saling membantu sesama yang mengalami masalah mental akibat pandemi.

Menurutnya, hal itu bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana.

Seperti meyakinkan mereka bahwa mereka tidak sendirian, serta mendorong mereka untuk tidak takut untuk menerima dukungan dan perawatan yang diperlukan.

“Sekecil apapun masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh kita itu akan berefek pada kehidupan kita, ini juga berlaku untuk kesehatan mental,” ujarnya.

Sementara itu, Head of Beverages, Unilever Indonesia Pauline Liongosari menjelaskan Buavita juga bekerja sama dengan Program Anak Bangsa Peduli untuk membantu masyarakat.

Khususnya para tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan.

Melalui kolaborasi program yang digagas oleh Cathy Sharon itu, Buavita telah membagikan 65.000 produk Buavita kepada masyarakat.

“Produk tersebut dibagikan kepada para tenaga kesehatan, penerima vaksinasi, pasien COVID-19, dan masyarakat umum di berbagai wilayah di Indonesia,” tandasnya.

(Yayu Lutfiah/PojokSatu.id/FJPP)