OMAT, Solusi Masyarakat Jabar Penuhi Kebutuhan Oksigen

TEPAS (Temu Pimpinan untuk Aspirasi Masyarakat) Vol.9 mengenai Oksigen untuk Masyarakat Jabar (OMAT), Jumat (20/8/2021). (Foto: Biro Adpim Jabar)

POJOKSATU.ID, Kota Bandung — Jumlah pasien COVID-19 yang masih menjalankan isolasi mandiri (isoman) di Jawa Barat (Jabar) saat ini kurang lebih 40.000 orang.

Pemda Provinsi Jabar pun intens memperkuat manajemen perawatan pasien COVID-19.

Setelah membuat konsultasi kesehatan jarak jauh (telemedicine) dan bantuan obat serta vitamin gratis, Pemda Provinsi Jabar kini meluncurkan OMAT (Oksigen untuk Masyarakat Jabar).

Melalui Omat, masyarakat bisa dengan simpel dan cepat mendapatkan oksigen ketika membutuhkan, meminjamkan atau mendonasikan untuk membantu orang lain yang membutuhkan.


Urusan antar – jemput gratis ditanggung Pemda Provinsi Jawa Barat.

Lia Nurhayati, salah seorang warga mengakui pada pekan pertama Bulan Juli lalu, keluarganya menjalankan isoman termasuk dia sendiri.

Namun saat itu, kondisi kakaknya sangat mengkhawatirkan karena alami sesak napas.

Di tengah kepanikan, Lia berusaha mencarikan oksigen melalui informasi yang beredar terkait tempat pengisian ulang oksigen.

Sayangnya, tempat-tempat pengisian oksigen yang dia cari mengalami kekosongan oksigen.

“Saya sampai bilang ke semua teman, saudara-saudara barangkali ada informasi di mana saya beli oksigen saya tunggu informasinya.

Akhirnya sehari kemudian saya mendapatkan itu dari temen, saya dapat dua tabung dan kakak saya yang awalnya hampir di bawa ke RS karena saturasi oksigen menurun dapat terselamatkan,” ucap dia pada peluncurkan Poskibar dan OMAT di acara TEPAS (Temu Pimpinan untuk Aspirasi Masyarakat) Vol 9 secara daring, Jumat (20/8/2021).