Presiden AS Joe Biden Tak Yakin Taliban Berubah, “ Saya Tak Yakin Mereka Melakukannya”

Joe Biden

POJOKSATU.id, JAKARTA— Presiden AS Joe Biden tidak percaya bahwa Kelompok Taliban yang saat ini menguasai Afghanistan, telah berubah. Taliban masih sama seperti era pemerintahan 1996-2001 lalu.


Kelompok Taliban berupaya menunjukkan pendekatan yang baik dan positif terhadap negara-negara di dunia dan menjanjikan perdamaian di Afghanistan usai mereka menguasai Kabul.

Setelah berhasil menggulingkan Presiden Ashraf Ghani, Taliban berupaya menunjukkan sikap yang berbeda dengan sebelumnya.

Beberapa negara seeprti China dan Rusia melihat perubahan itu mengarah pada hal yang positif.


Namun, tidak begitu dengan Amerika Serikat. Presiden Joe Biden tidak percaya bahwa Kelompok Taliban yang saat ini menguasai Afghanistan, telah berubah.

“Saya pikir mereka sedang mengalami semacam krisis eksistensial tentang apakah mereka ingin diakui oleh masyarakat internasional sebagai pemerintah yang sah,” jelas Joe Biden ketika ditanya apakah dia percaya bahwa Taliban telah berubah dalam sebuah wawancara dengan ABC News pada Kamis (19/8).

“Saya tidak yakin mereka melakukannya,” kata

Jawaban negatif Joe Biden menunjukkan bahwa Taliban tetaplah sama, baik yang dulu maupun yang sekarang setelah berkuasa.

“Tapi mereka juga (mestinya) peduli apakah mereka punya makanan untuk dimakan, apakah mereka punya penghasilan sehingga mereka bisa menghasilkan uang dan menjalankan ekonomi,” katanya.

“Mereka mestinya peduli apakah mereka bisa menyatukan masyarakat. Saya tidak (bisa) mengandalkan semua itu,” kata Joe Biden. (ral/rmol/pojoksatu)