Jokowi tak Singgung HAM dan Antikorupsi, Faldo Maldini: Waktu Terbatas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang tahunan MPR RI, Senin (16/8/2021)

POJOKSATU.id, JAKARTA – Banyak pihak mengkritik pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak menyinggung kasus HAM masa lalu dan isu pemberantasan korupsi.

Staf Khusus Sekretaris Negara, Faldo Maldini mengungkap alasan dua isu itu tak disampaikan lantaran waktu yang terbatas.

“Karena terbatasnya waktu dalam pidato, tidak bisa semua persoalan di-highlight oleh Presiden,” ujar Faldo, Senin (16/8/2021).

Kendati demikian, Faldo menegaskan bahwa Presiden Jokowi tetap berkomitmen dan mendukung pemberantasan korupsi di Indonesia.


“Termasuk menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik dan inovasi dalam reformasi birokrasi,” sambung politikus PSI Ini.

Faldo lantas menyinggung Online Single Submission (OSS) yang juga disampaikan dalam pidato Presiden.

Ia menjelaskan, OSS adalah sebuah inovasi yang bisa mempercepat perizinan usaha.

“Kita butuh lebih banyak wirausaha baru untuk membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja,” ungkapnya.

Dengan OSS ini, sambung sosok asal Padang, Sumatera Barat itu, maka secara otomatis memutus potensi rantai korupsi di birokrasi.

“Ini juga jadi komitmen yang Presiden Jokowi tunjukkan, bukan hanya dengan kata-kata, tapi kita jawab dengan kerja dan pemenuhan tanggung jawab,” paparnya.