Tiga Jenderal Turun Langsung Kejar DPO MIT Poso, Keluar-Masuk Hutan

Komandan Korem 132/Tadulako, Brigadir Jenderal TNI Farid Makruf, dan Kepala Polda Sulawesi Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Abdul Rakhman Baso, saat berada di salah satu pos sekat di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Rabu. Foto Antara

POJOKSATU.id, JAKARTA – Tiga jenderal dari TNI dan Polri turun langsung ikut dalam pengejaran DPO Mujahiddin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah.

Ketiganya terdiri dari satu jenderal TNI dan dua jenderal Polri.


Ketiga jenderal itu yakni Komandan Korem 132/Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf.

Farid sudah lama berkarir di Komando Pasukan Khusus TNI AD.

Selanjutnya Kapolda Sulawesi Tengah, Irjen Pol Abdul Rakhman Baso dan Kepala Operasi Satuan Tugas Madago Raya, Brigjen Pol Reza Arief Dewanto.


Bersama anak buahnya dari Pos Komando Taktis Desa Tokorondo, Kabupaten Poso, mereka menyusi peadalaman dengan mengendari motor trail.

Masuk ke hutan, menembus aliran deras sungai dan lainnya.

Itu merupakan operasi lapangan yang paling banyak melibatkan perwira tinggi di medan lapangan yang sesungguhnya selama beberapa waktu terakhir.

Bahkan saat berada di pos, ada di antara ketiga jenderal itu yang menunjukkan kepiawaiannya memasak santapan malam, menu a’la pasukan di medan tugas.

Kasat Humas Operasi Madago Raya, Kombes Didik Supranoto menjelaskan, patroli bersama tiga jenderal itu menyisir beberapa perkampungan di wilayah Kecamatan Poso Pesisir Selatan.

“Selain untuk menyapa warga, sekaligus untuk mencari enam DPO teroris Poso pimpinan Ali Kalora,” jelasnya, Rabu (11/8/2021), dilansir dari Antara.