Kritik Pemerintah Soal TKA China, Fadli Zon Mengaku Lelah, Faisal Basri Langsung Respon “Bongkar Dalangnya”

POJOKSATU.id, JAKARTA- Ekonom senior Faisal Basri menanggapi cuitan politisi Partai Gerindra di Twitternya soal masuknya 34 TKA asal China ke Indonesia saat PPKM Level 4.

Fadli Zon mengaku lelah terus menerus mengkritik pemerintah ihwal masuknya para TKA China di tengah aturan pengetatan mobilitas masyarakat.

Karena itu, Faisal Basri mengajak Fadli Zon untuk tidak menyerah membongkar dalang di balik masuknya puluhan warga negara tirai bambu itu sampai ke akarn-akarnya.

“Bung @fadlizon jangan menyerah dulu. Kita ungkap sampai ke akarnya,” tulis Fasial Basri di akun Twitternya @fasialbasri dikutip Pojoksatu.id, Rabu (11/8/2021).


Ia berharap perjuangannya itu menjadi kado istimewa menyambut HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76.

“Semoga menjadi kado istimewa menjelang 17 Agustus,” ucap Faisal Basri.

Sebelumya, anggota DPR RI Fadli Zon mengaku lelah terus menerus mengkritik Tenaga Kerja Asing alias TKA yang terus masuk ke Indonesia selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu, para TKA dilindungi oleh penguasa sehingga bisa bebas masuk Indonesia meski sedang PPKM.

Kritik itu disampaikan oleh Fadli Zon melalui akun Twitter miliknya @fadlizon.

“Sudah lelah kritik TKA di masa pandemi dan PPKM. Mereka memang dilindungi penguasa,” kata Fadli Zon, Selasa (10/8/2021).

Fadli menyebut pemerintah telah membekingi para WNA terutama asal China agar bisa leluasa masuk Indonesia.

“Luar biasa beking WNA China. Selamat datang,” sindir Fadli Zon.

Dalam cuitannya, Fadli mengutip pemberitaan salah satu media online yang mewartakan ada ratusan WNA asal China masuk Indonesia sepanjang Agustus 2021.

Fadli menyebut pemerintah telah membekingi para WNA terutama asal China agar bisa leluasa masuk Indonesia.

“Luar biasa beking WNA China. Selamat datang,” sindir Fadli Zon.

Sementara itu, Dirjen Imigrasi menyatakan 34 tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok yang tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Sabtu (7/8) telah mengantongi Izin Tinggal Terbatas (ITAS).

34 TKA asal China tersebut telah dinyatakan lolos dalam pemeriksaan tes kesehatan yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Demekian disampaikan Kepala Bagian Humas dan Umum DItjen Penanganan Covid-19 Imigrasi Arya Pradhana Anggakara kepada wartawan, Minggu (8/8).

“Mereka telah lolos pemeriksaan kesehatan oleh KKP Soetta, lalu diberi rekomendasi untuk diizinkan masuk Indonesia,” ujarnya.

(muf/pojoksatu)