PPKM Diperpanjang Hingga 23 Agustus, Angka Kematian Kita Tertinggi di Dunia, PKS Minta Jokowi Lakukan Ini

Penyekatan PPKM Darurat

POJOKSATU.id, JAKARTA— Presiden Jokowi kembali memperpanjang PPKM Level 2, 3 dan 4 hingga 16 Agustus di Pulau Jawa-Bali, dan hingga 23 Agustus di luar Jawa-Bali. Saat ini, angka kematian harian masih di atas 1.000, tertinggi di dunia.


Karena itu, Ketua Fraksi DPR RI Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusulkan ke Presiden Jokowi untuk fokus kepada 4 perlindungan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlaku.

Pertama yang paling penting adalah melindungi nyawa dan kesehatan, baik masyarakat maupun tenaga kesehatan.

Ia mengatakan, saat ini angka kematian harian masih di atas 1.000, tertinggi di dunia.


“Pemerintah harus fokus menekan angka kematian dengan penyediaan sarana dan prasarana kesehatan yang memadai hingga ke daerah-daerah,” kata Sukamta kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Yang kedua, pemerintah harus melindungi masyarakat miskin dan rentan secara ekonommi dengan memastikan kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi.

“Kebijakan pembatasan harus diiringi dengan pemberian bantuan sosial yang tepat dan merata termasuk untuk para pekerja lepas, harian, pekerja sektor informal yang kehilangan pendapatan,” ucapnya.

Ketiga, lanjut Sukamta perlindungan wilayah Indonesia dengan melalukan pengetatan pintu masuk.

“Jangan terulang keteledoran menjaga akses pintu masuk Indonesia, sehingga varian delta bisa masuk dan membuat lonjakan kasus covid yang sangat tinggi.” pintanya.

Keempat yang juga tidak kalah penting, di masa pandemi ini pemerintah juga harus melindungi data pribadi masyarakat.

“Selama pandemi terjadi beberapa kali kasus kebocoran data, juga ada penggunaan NIK oleh WNA untuk keperluan vaksin,” ungkapnya.

“Semua ini harus diusut secara tuntas dan ini juga mengingatkan betapa mendesaknya keberadaan UU Perlindungan data,” pungkas Sukamta.

Sebelumnya, pemerintah memperpanjang PPKM berbasis level 2, 3, dan 4 di sejumlah wilayah Jawa dan Bali mulai 10 hingga 16 Agustus 2021.

“Atas arahan presiden, maka PPKM level 4, 3, dan 2 di Jawa Bali akan diperpanjang sampai 16 Agustus 2021,” kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (9/8).

Mulanya, pemerintah menerapkan PPKM Darurat 3-20 Juli ketika lonjakan kasus Covid mulai terjadi. Diperpanjang dengan istilah PPKM Level 4 pada 20-25 Juli, 26 Juli-2 Agustus, dan 3-9 Agustus.

Sementara di luar Jawa-Bali, PPKM diperpanjang hingga 23 Agustus. (muf/pojoksatu)