Setelah Berpolemik 15 Tahun, Izin GKI Yasmin Akhirnya Diterbitkan Lagi Oleh Walikota Bogor

Bima Arya konfrensi pers GKI Yasmin di Sekretariat GKI Pengadilan Kota Bogor. Foto Ipeh/Pojok Bogor

POJOKSATU.id, BOGOR— Pemkot Bogor menyerahkan dokumen Izin Mendirikan Bangunan (IMB) rumah ibadah Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pengadilan, Jalan KH Abdullah bin Nuh, Cilendek Barat, Bogor Barat, Minggu (8/8).

Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menjelaskan, IMB untuk gereja yang biasa disebut GKI Yasmin itu, bukan hanya sekedar dokumen keabsahan, tetapi juga sebagai wujud penghormatan terhadap prinsip keberagaman dan kebersamaan.

“Kerja keras kita semua membangun komitmen, menjalin kebersamaan melalui proses dialog, hukum, mediasi, diskusi dan semua berujung pada IMB ini,” kata Bima.

Politisi PAN itu menyebut, Kota Bogor memiliki semangat untuk menghargai kebersamaan dalam keberagaman yang harus dirawat.


“Mengupayakan, mengusahakan, menguatkan kebersamaan dalam keberagaman adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses hari ini,” katanya.

“Jadi dokumen IMB ini bukan proses akhir, ini untuk merayakan keberagaman, untuk memberi penghormatan terhadap hak-hak asasi manusia, untuk memuliakan hak untuk beribadah untuk semua agama dan kepercayaan tanpa terkecuali,” jelas Bima Arya.

“Insya Allah Pemkot Bogor akan mengawal bersama-sama dengan warga, dengan semua. Tidak saja hingga gedung gereja yang sudah ada desainnya ini berdiri di tempat ini, tetapi juga memastikan nantinya jemaat gereja bisa beribadah dengan nyaman dan damai di tempat ini,” katanya.

“Mari kita jaga harmoni dan semangat toleransi, tidak saja di wilayah Kota Bogor tercinta tapi di seluruh Indonesia Raya,” jelas Walikota Bogor Bima Arya.

Diketahui, pada Juli 2006, Pemkot Bogor menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Nomor: 645.8-372/2006 tanggal 19 Juli 2006,

untuk pembangunan rumah ibadah atas nama Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pengadilan yang terletak di Jalan KH Abdullah Bin Nuh Nomor 31, Kelurahan Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. (cek/pojokbogor)