Kompolnas Dukung Kapolda Sumsel Periksa Anak Akidi Tio Soal Uang Rp2 Triliun

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri menyampaikan permintaan maaf secara terbuka di depan awak media, Kamis (5/8/2021) terkait kisruh sumbangan Rp2 triliun dari keluarga almarhum Akidi Tio, Foto: Sumeks.co
Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri (kiri) menyampaikan permintaan maaf secara terbuka di depan awak media, Kamis (5/8/2021) terkait kisruh sumbangan Rp2 triliun dari keluarga almarhum Akidi Tio, Foto: Sumeks.co

POJOKSATU.id, JAKARTA — Kompolnas mengapresiasi Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri yang meminta maaf soal uang Rp2 triliun Akidi Tio. Kompolnas mendukung Polda meminta keterangan Heryanty Tio.


Kompolnas juga meminta agar kasus ini menjadi pelajaran semua pihak khususnya institusi Polri.

“Kasus ini bisa menjadi evaluasi kita bersama. Meski ada niat baik untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, tetapi kita tetap harus mengedepankan prinsip kehati-hatian,” kata Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti, dalam keterangannya, Kamis (5/8/2021).

Poengky lantas mengingatkan agar jajaran Polri memahami aturan terkait hibah ke institusi Polri.


Hal ini seperti tercantum pada sejumlah aturan seperti UU nomor 1 tahun 2004, PP nomor 10 tahun 2011, Perkapolri nomor 11 tahun 2013, dan Pemenkeu nomor 99 tahun 2017. Namun demikian, Poengky mengapresiasi sikap Kapolda Irjen Eko yang langsung meminta maaf ke publik.

“Kami mengapresiasi Kapolda Sumatera Selatan yang sudah secara terbuka meminta maaf kepada Pimpinan Polri, Forkopimda dan Rakyat Indonesia atas kegaduhan yang ditimbulkan,” jelasnya.

“Kompolnas berharap dengan permohonan maaf ini polemik donasi 2T segera berakhir,” ucapnya.

Meskipun begitu, Poengky tetap mendukung Polda Sumatera Selatan untuk tetap mendalami terkait kasus yang melibatkan anak Akidi Tio yakni Heryanty Tio.

Sehingga persoalan tersebut menjadi jelas.

“Di sisi lain, Kompolnas mendukung Polda Sumatera Selatan untuk meminta keterangan Heryanty dan saksi-saksi lain terkait janji donasi uang warisan almarhum Akidi Tio sebesar Rp 2 triliun kepada masyarakat Palembang dan Sumatera Selatan yang terdampak Covid-19,” ujarnya. (ral/int/pojoksatu)