Sudahlah, Polda Sumsel Urusi Vaksin Nasional saja Gak Usah Ngurusi Sumbangan, Bikin Citra Polri Jatuh

Keluarga Akidi Tio sumbang Rp2 triliun untuk penanganan Covid-19

POJOKSATU.id, JAKARTA – Polda Sumsel diingatkan agar fokus mengurusi program vaksinasi Covid-19 nasional ketimbang mengurusi sumbangan Rp2 triliun dari keluarga Akidi Tio.


Malah, institusi kepolisian di Sumsel itu disarankan menyatakan menolak sumbangan yang kini menjadi tidak jelas itu.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan menannggapi sengkarut sumbangan yang diserahkan secara simbolis oleh Heriyanti pekan lalu itu.

Edi menilai, penerimaan sumbangan itu hanya akan membuat citra kepolisian menjadi jatuh.


“Kami melihat penerimaan dana sumbangan itu akan mengganggu profesionalisme Polri,” kata Edi dalam keterangannya, Selasa (3/8/2021).

Dengan menyatakan menolak sumbangan keluarga Akidi Tio, juga bisa menghindarkan Polda Sumsel dari fitnah dan kecurigaan.

Kendati demikian, Bang Edi meyakini, Polri sepenuhnya menghargai niat baik masyarakat yang tulus memberikan bantuan kepada masyarakat.

Akan tetapi, yang perlu diingat adalah, penerimaan sumbangan bisa menimbulkan opini yang kurang baik terhadap citra Polri.

“Kami meminta Polda Sumsel kini fokus menangani pelaksanaan vaksin nasional agar seluruh masyarakat Sumsel dapat mendapatkan vaksinasi Covid-19,” saran dia.