Hoax Helikopter Kibarkan Bendera Cina di Langit Bogor, Ini Faktanya

Helikopter kibarkan bendera berlambang 3 matra TNI

POJOKSATU.id, BOGOR – Sebuah video helikopter mengibarkan bendera berwarna merah di langit Bogor, Jawa Barat beredar di media sosial. Perekam video menyebut bendera itu adalah bendera Cina.


“Nih maksudnya apa nih, ada bendera Cina nih. Ada bendera Cina dibawa, ditarik ama helikopter. Ada bendera komunis. Bendera komunis ditarik ama helikopter,” ucap seorang pria yang merekam video tersebut.

Video berdurasi 34 detik itu diposting oleh akun TikTok @ad4m632. Namun video tersebut sudah dihapus.

Video itu juga diunggah oleh akun Facebook Ambarawa pada Senin, 2 Agustus pukul 23.29.


“Kemana dan dimana para penegak hukum di Indonesia, menhan juga, kenapa ini dibiarkan berkeliling di atas bumi negara Indonesia, helikopter dengan mengibarkan bendera Cina. Kenapa aparat pemerintah cuma ganas dan berani sama rakyatnya sendiri,” tulisnya.

Hinga Rabu (4/8) pukul 22.00 WIB, video tersebut sudah dibagikan 439 kali, dilihat 7.000 pengguna Facebook dan dikomentari 107 warganet.

Ini bukan bendera Cina, tapi bendera berlambang 3 matra TNI

Penelusuran Pojoksatu.id, bendera berwarna merah yang dikibarkan helikopter itu bukan bendera Cina, melainkan bendera berlambang 3 matra TNI, yakni lambang TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara.

Helikopter yang sedang mengibarkan bendera itu sedang melakukan latihan untuk pengibaran bendera putih raksasa di langit Jakarta pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Dilansir dari akun instagram resmi resmi TNI Angkatan Udara (AU), @militer.udara, pada puncak peringatan HUT ke-76 RI, helikopter TNI AU akan kibarkan bendera merah putih ukuran raksasa.

Bendera merah putih yang akan dikibarkan menggunakan helikopter di langit Jakarta berukuran 20×30 meter.

TNI AU telah melakukan latihan sejak Senin tanggal 2 Agustus 2021. Sejumlah helikopter TNI AU telah melaksanakan latihan terbang di Lanud Atang Sendjaja, Bogor. Latihan ini akan berlangsung selama 5 hari ke depan.

“Pada latihan ini, pesawat-pesawat helikopter TNI AU terbang dengan membawa bendera ukuran raksasa, yang mencantumkan lambang-lambang kesatuan TNI (Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU) dengan latar kain berwarna merah,” tulisnya.

Adapun helikopter yang turut dalam kegiatan ini adalah pesawat NAS-332 Super Skadron Udara 6 dan EC-725 Caracal Skadron Udara 8. (one/pojoksatu)