PPKM Diperpanjang Jokowi, Polda Tegaskan Penyekatan dan Pembatasan Mobilitas di Jakarta Masih Berlaku

PPKM Darurat
PPKM Darurat

POJOKSATU.id, JAKARTA— Polda Metro Jaya tetap memberlakukan penyekatan dan pembatasan mobilitas masyarakat seiring kebijakan diperpanjangnya PPKM level 4 hingga 9 Agustus 2021.


“Aturan penyekatan di 100 titik di wilayah Jakarta dan sekitarnya masih sama ya,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Selasa (3/8/2021).

Kendati ada penurunan angka positif Covid-19 di Jakarta, kata Sambodo, aturan terhadap para pekerja di sektor esensial dan kritikal tetap masih berlaku.

“Kita masih mangacu STRP dan sektor esensial dan kritikal serta layanan darurat, orang sakit dan sebagainya,” ujar dia.


Sebelumnya, pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus 2021.

Keputusan ini berlaku bagi daerah yang menerapkan PPKM level 4. Tercatat ada 141 kota/kabupaten di RI yang masih harus menerapkan PPKM level 4.

“Pemerintah memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 3 sampai 9 Agustus di beberapa kabupaten/kota tertentu,” kata Presiden Jokowi disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8/2021).

Jokowi menuturkan, PPKM level 4 yang diterapkan pada 26 Juli-2 Agustus telah membawa perbaikan di skala nasional dibanding sebelumnya.

Perbaikan itu di antaranya terkait turunnya kasus konfirmasi harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan, hingga persentase tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19. (fir/pojoksatu)