Pakar Prediksi Angka Kemiskinan Bakal Melonjak, Jika Jokowi Perpanjangan PPKM Darurat Lagi

POJOKSATU.id, JAKARTA- Pakar politik Herry Mendrofa memprediksi angka kemiskinan rakyat Indonesia akan terus bertambah, bahkan akan melonjak.


Itu jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memutuskan memperpanjang PPKM Darurat yang akan berakhir pada 02 Agustus 2021.

“jika PPKM terus menerus diberlakukan maka akan berpotensi meningkatkan kemiskinan,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (31/7/2021).

Herry menduga orang nomor satu di Indonesia itu tidak memahami apa yang dirasakan masyarakat yang kesulitan ekonomi akibat PPKM Darurat.


Karena itu, Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) itu meminta Presiden Jokowi benar-benar memahami apa yang dirasakan masyarakat agar kebijakan tersebut berjalan efektif.

“Jokowi sepertinya belum memahami realitas terjadi bahwa masyarakat menjerit karena PPKM Darurat cenderung tidak memberikan solusi konkret selama pandemi,” tutur Herry.

Untuk diketahui, PPKM Darurat Jawa-Bali yang semulanya diberlakukan pada 3-20 Juli diperpanjang hingga 25 Juli 2021.

Presiden Joko Widodo kembali memperpanjang PPKM yang berakhir 25 Juli itu hingga 2 Agustus 2021 dengan istilah level 3 dan level 4.

Perpanjangan PPKM level 4 ini mempertimbangkan beberapa aspek kesehatan, ekonomi dan dinamika sosial.

Kendati demikian, Jokowi mengizinkan usaha kecil buka hingga pukul 21.00.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi melalui akun YouTube Sekertariat Kepresiden, pada Minggu (25/7).

“Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil,” ujarnya

“Kemudian cucian kendaraan kecil dan usaha kecil lain sejenis diizinkan buka dengan protokol ketat sampai 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemda,” lanjut Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, akan meningkatkan penyaluran pemberian bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Untuk mengurangi beban masyarakat akibat pandemi covid-19 ini pemerintah juga meningkatkan pemberian bansos untuk masyarakat dan bantuan untuk usaha mikro kecil dan penjelasan secara terperinci akan dijelaskan oleh Menko,” tutur Jokowi.

(muf/pojoksatu)