Kantongi Uang 60 Juta, Pelaku Penipu Berkedok Satpol PP Mengaku Beli Seragam di Pasar Senen

Pelaku Penipuan Rekrutmen Satpol PP

POJOKSATU.id, JAKARTA– Satpol PP abal-abal berinisial YF mengaku membeli seragam Satpol PP Provinsi DKI Jakarta di Pasar Senen, Jakarta Pusat.


Seragam ini yang digunakannya menipu juga diberikan kepada para korbannya.

“Beli di Pasar Senen,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat (30/7/2021)

YF telah mengantongi uang Rp60 juta dari penipuan rekrutmen itu.


Dimana uang uang didapat dari sembilan korbannya.

Ada yang telah membayar penuh, ada yang baru membayar uang muka. YF mengaku uangnya dipakai memenuhi kehidupannya sehari-hari karena dia pengangguran.

“Uangnya untuk kehidupan dia, karena dia pengangguran,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, polisi menetapkan pria berinisial YF jadi tersangka buntut praktik rekrutmen abal-abal Satuan Polisi Pamong Praja atau Satpol PP DKI Jakarta. Hanya YF yang terbukti bersalah di sini sementara pasangannya, BA tidak.

Dari sembilan orang korbannya, dia meraup uang sebanyak Rp60 juta. Kepada para korbannya, YF mengaku-ngaku pejabat Pengadaan Barang dan Jasa Bidang Pengembangan Satpol PP DKI Jakarta.

YF mengklaim perlu merekrut orang jadi anggota Satpol PP DKI Jakarta secara instan hanya dengan membayar Rp25 juta. Dari mereka ada yang membayar penuh, ada yang belum.

“Dari sembilan korban itu, lima di antaranya sudah melakukan pembayaran kepada tersangka, baik secara lengkap maupun hanya DP (down payment),” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Markas Polda Metro Jaya, Kamis 29 Juli 2021

(dhe/pojoksatu)