Kepala Warga Papua Diinjak Anggota TNI AU, KSAU Mohon Dibukakan Pintu Maaf

Danlanud JA Dimara, Merauke, Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto meminta maaf pada warga atas kelakuan anak buahnya. Foto IST
Danlanud JA Dimara, Merauke, Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto meminta maaf pada warga atas kelakuan anak buahnya. Foto IST

POJOKSATU.id, JAKARTA – Setelah Danlanud JA Dimara, Merauke, Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto minta maaf, kali ini giliran Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo minta maaf.


Itu terkait kekerasan yang dilakukan dua anggota TNI AU dengan menginjak kepala warga Marauke, Papua, yang viral di media sosial.

“Saya selaku Kepala Staf Angkatan Udara ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh saudara-saudara kita di Papua, khususnya warga di Merauke, terkhusus lagi kepada korban dan keluarganya,” kata Fadjar kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

Ia pun memastikan bahwa peristiwa ini terjadi murni lantaran kesalahan anggotanya.


Fadjar memastikan, tidak ada niatan jahat dari TNI U kepada warga Papua.

Selain itu, ia juga memastikan bahwa tindakan dua anggota TNI AU itu bukan merupakan perintah kedinasan.

Untuk itu, Fadjar menegaskan akan memberikan sanksi tegas kepada dua anggota TNI yang melakukan kekerasan kepada warga Papua.

“Kami akan mengevaluasi seluruh anggota dan juga akan menindak secara tegas terhadap pelaku yang berbuat kesalahan,” tegasnya.

“Sekali lagi saya ingin menyampaikan permohonan maaf yang setinggi-tingginya. Mohon dibukakan pintu maaf,” imbuhnya.