Keluarga Akidi Tio Sumbang 2 Triliun, Lieus Sungkharisma Ingat Superiman yang Digagasnya

Lieus Sungkharima
Lieus Sungkharima

POJOKSATU.id, JAKARTA – Aktivis Tionghoa, Lieus Sungkharisma menyebut, sumbangan Rp2 triliun keluarga Akidi Tio menjadi bukti bahwa warga keturunan Tionghoa sangat mencintai negeri ini.

Menurutnya, yang dilakukan keluarga ahli waris Akidi Tio itu merupakan bentuk kepedulian anak bangsa atas apa yang sedang dihadapi bangsanya.

Karena itu, ketulusan keluarga Akidi Tio tersebut patut diapresiasi dan diberi hormat.

“Sebab tak banyak orang kaya di negeri ini, yang kekayaannya bertriliun-triliun, rela mengorbankan harta sedemikian besar untuk menolong bangsa dan negaranya yang sedang sulit,” ujarnya dilansir dari RMOL, Rabu (28/7/2021).

Sumbangan untuk membantu negara itu juga dianggapnya telah menginspirasi banyak orang.


Ia juga teringat dengan hal serupa yang pernah ia lakukan di tahun 2003.

Kala itu, ia bersama Yusuf Siregar dan Bambang Sungkono menyumbang masing-masing Rp100 juta melalui sebuah program gerakan nasional Superiman atau Solidaritas Umat Peduli Modal Nasional.

“Yang waktu itu dipimpin Wapres Hamzah Haz dan Presiden Megawati sebagai penasehat,” kata Lieus.

Lieus menyatakan, Gerakan Nasional Superiman yang diresmikan Wapres Hamzah Haz pada 19 Agustus 2003 di Istana Wapres itu merupakan idenya dan sejumlah kawannya sesama aktivis.

“Niatnya adalah untuk membantu negara melepaskan diri dari hutang dan ketergantungan pada pinjaman luar negeri,” terangnya.