Jabar Salurkan Bantuan Pasokan Oksigen Melalui Poskibar

Satgas Oksigen Jabar saat mengirim tabung oksigen ke kabupaten/kota di Jabar. (Foto: Biro Adpim Jabar)

POJOKSATU.ID, Kota Bandung — Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menghadirkan layanan Posko Oksigen Jawa Barat atau Poskibar, Rabu (21/7/21). Poskibar berfungsi dan bertugas mengelola penyaluran bantuan kebutuhan oksigen di Jabar.


Kebutuhan terhadap oksigen terus mengalami peningkatan. Selain rumah sakit, tabung oksigen juga dibutuhkan pasien-pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman).

“Hari ini mengawali semangat manajemen oksigen di Jawa Barat yang jauh lebih baik. Ada pos komando (posko) Jawa Barat, ada posko kabupaten/kota yang tadi diserahkan dan kami juga akan membuat manajemen pinjaman tabung oksigen untuk warga,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Ketua Poskibar Taufiq Budi Santoso menuturkan, melalui Poskibar, Pemda Provinsi Jabar akan memastikan data pasokan dan kebutuhan oksigen di kabupaten/kota.


Tidak hanya melakukan pendataan kebutuhan oksigen untuk rumah sakit, namun juga perkiraan kebutuhan untuk pasien isoman.

“Kita telah mengatur dan merencanakan bagaimana ini (Poskibar) dapat berjalan proper. Pasokan oksigen dapat sampai ke rumah sakit. Kita bisa cepat mengirimkan, jangan sampai terlambat.

Satu menit, satu jam itu sangat menentukan nyawa orang,” tuturnya.