Akhir Pandemi Covid-19 Belum Bisa Diprediksi, Kuncinya Adalah Kepemimpinan Lapangan, Jokowi Sindir Siapa?

Presiden Jokowi. Foto Setkab
Presiden Jokowi. Foto Setkab

POJOKSATU.id, JAKARTA – Presiden Jokowi menyampaikan akhir pandemi Covid-19 belum bisa diprediksi di Indonesia. Jokowi meminta kepemimpinan lapangan yang kuat di semua tingkatan.


Untuk mengatasi kondisi pandemi, para kepala daerah dituntut punya jiwa kepemimpinan lapangan yang kuat.

“Kita membutuhkan kepemimpinan lapangan yang kuat untuk menghadapi pandemi sekarang ini, kepemimpinan yang paham lapangan yang bisa bergerak cepat dan responsif, dan kepemimpinan lapangan ini harus kuat di semua level pemerintahan, dari level atas sampai tingkat kelurahan dan desa,” tutur Jokowi, Senin (19/7/2021).

Jokowi berbicara dalam forum pengarahan untuk para kepala-kepala daerah se-Indonesia, videonya disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi berbicara dalam forum pengarahan untuk para kepala-kepala daerah se-Indonesia, videonya disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Ada kabar dari WHO, virus Corona varian baru bakal muncul lagi setelah varian Delta. Pandemi yang ujungnya belum terprediksi ini harus dihadapi dengan maksimal.

Kepala daerah harus fokus menghadapinya, baik dari segi penanganan virus Corona itu sendiri maupun penanganan aspek ekonominya.

“Manajemen serta pengorganisasian adalah kunci. Saya minta semua mesin organisasi dijalankan dengan sebaik-baiknya,” kata Jokowi.

Jokowi berulang kali menekankan pentingnya kepemimpinan lapangan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Tokoh politik hingga tokoh agama harus bahu-membahu mengatasi pandemi ini.

“Dan kembali lagi, kuncinya adalah kepemimpinan lapangan, mulai dari kepala daerah, camat, kepala desa, dan lurah, termasuk di antaranya adalah tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh organisasi sosial di tingkat bawah,” kata Jokowi. (ral/int/pojoksatu)

Loading...