Vaksinasi Anak Kota Sukabumi Dimulai 28 Juli, Peserta Wajib Patuhi Prokes

Tenaga kesehatan saat memperlihatkan vaksin Covid-19

POJOKSATU.id, SUKABUMI – Vaksinasi anak usia 12-17 tahun di Kota Sukabumi Jawa Barat akan dimulai pada 28 Juli bertepatan dengan Hari Anak Nasional.


Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Lulis Delawati, Jumat (16/7).

“Ada tiga kota yang dijadikan kick off vaksinasi, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kota Sukabumi,” ujar Lulis Delawati kepada Radar Sukabumi (jaringan Pojoksatu.id).

Target pada kick off vaksinasi anak ini, kata Lulis, sebanyak 300 anak dari umur 12 tahun sampai 17 tahun.


Menurut Lulis, kemungkinan vaksinasi anak akan dilaksanakan di sekolah.

“Nanti pastinya, kita sedang mempersiapkan dulu,” ungkapnya.

Saat ini, kata Lulis, pihaknya sedang mempersiapkan pelaksanaannya dari mulai menyusun rencana lokasi pelaksanaan vaksinasi. Nanti akan dilaporkan ke Dinas Kesehatan Provinsi Jabar.

Menurut Lulis, untuk tenaga pendukung dalam vaksinasi anak sudah siap.

“Biasa kan kita lakukan vaksin, cuman ini hanya anak-anak. Kesiapan sudah siap seperti biasa,” jelasnya.

Dilansir dari situs resmi Pemerintah Kota Sukabumi, Perwakilan Dinas Kesehatan Jawa Barat, drg Marion Siagian menjelaskan bahwa dalam penyusunan prosedur pelaksanaan vaksinasi covid–19 pada anak, perlu diperhatikan berbagai hal seperti protokol kesehatan, karena lokasi vaksinasi direncanakan di sekolah.

Peserta vaksinasi diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Selain itu, ketersediaan vaksin, vaksinator, serta pelaksanaan PPKM Darurat harus menjadi perhatian dalam persiapan vaksinasi anak. (one/bal/pojoksatu)