13 Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Banjir, Gempa

Ilustrasi

POJOKSATU.id, JAKARTA – Teks eksplanasi erat kaitannya dengan kejadian di lingkungan sekitar. Di dalamnya akan memberikan pengetahuan tentang suatu kejadian kepada pembaca.

Pada pembahasan kali ini akan mempelajari jenis teks eksplanasi lengkap dengan kaidah dan contoh teks eksplanasi terjadi dan sifatnya yang faktual.

Kejadian yang diungkapkan dalam teks eksplanasi bisa diambil dari kejadian di masa lampau, sekarang, dan masa depan. Terdapat beberapa kajian yang harus diperhatikan dalam pembuatan teks ini.

Setiap bagian dari teks eksplanasi akan memberikan pengaruh bagi pemahaman pembaca. Di dalam jenis teks ini tidak akan memiliki pengaruh dari imajinasi penulis. Sifatnya akan selalu dibuat netral bagi pembaca. Dikutip dari laman liga-indonesia.id.


Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang memiliki isi tentang proses. Proses itu akan membahas mengapa dan bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Kejadian yang menyebabkan kondisi berubah atau bergerak seperti saat ini. Peristiwa yang diambil biasanya merupakan hal yang terjadi di kalangan masyarakat.

Kejadian yang dibahas termasuk peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan masih banyak lagi.

Kejadian yang dibahas pada teks eksplanasi dipastikan memiliki sebuah sebab dan akibat. Di dalam pembahasannya akan ada prosesnya yang perlu diperhatikan.

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan dari sebuah teks eksplanasi adalah, untuk menjelaskan suatu fenomena faktual yang terjadi di sekitar. Penulisannya juga bertujuan untuk memberikan sebab dan suatu akibat. Dari penjelasan sebab akibat tersebut dapat menambah pengetahuan bagi pembacanya.

Ciri Dari Teks Eksplanasi

1. Struktur

Struktur yang dimiliki oleh teks eksplanasi ini terdiri dari pernyataan umum. Didasari oleh urutan dari sebab akibat dan juga interpretasi.

2. Jenis informasi

Teks eksplanasi akan selalu memuat jenis informasi yang faktual. Peristiwa yang diceritakan memang benar terjadi pada masa itu. Informasi yang disuguhkan penulis akan menjadi sebab akibat dari suatu peristiwa.

3. Sifatnya

Sifat dari jenis teks ini menggunakan sifat ilmiah. Data yang faktual tersebut akan berisikan informasi yang didapat secara ilmiah. Akan ada kaidah keilmuan tertentu yang digunakan dalam teks eksplanasi. Fungsi kaidah tersebut untuk memastikan keberhasilan suatu analisa.

4. Selalu informative

Teks eksplanasi akan selalu mementingkan isi berita yang informatif. Pembaca bisa mendapatkan banyak ilmu dari sebuah tulisan yang dibuat.

5. Terdapat sequence markers

Jenis teks eksplanasi memiliki sebuah istilah sequence markers. Istilah ini menjadi penghubung dalam memaparkan informasi. Terdapat kata seperti pertama, kedua, ketiga, dan juga lainnya, untuk menjamin jika pembaca dapat memahami isinya.

Struktur pada Sebuah Teks Eksplanasi

1. Terdapat sebuah pernyataan yang umum

Pernyataan yang umum penting untuk dimiliki oleh teks eksplanasi. Di dalamnya berisikan sebuah pernyataan yang digunakan mengenai topik yang dijelaskan. Pernyataannya yang digunakan akan membahas topik yang general. Tujuannya untuk menjelaskan proses terjadinya atau adanya peristiwa tertentu.

2. Terdapat sebab akibat

Sebab akibat sangat penting untuk memberikan detail penjelasan proses terjadinya peristiwa. Hal yang disajikan diberikan dengan urut atau betahap. Rincian dari sebab akibat akan dimulai dari awal hingga ke bagian paling akhir. Dengan urutan tersebut pembaca mampu menemukan pemahaman yang tepat.

3. Adanya interpretasi

Pada sebuah interpretasi akan berisikan kesimpulan mengenai suatu topik yang sedang dijelaskan. Penulis akan menyebutkan inti dari hal yang dijelaskan. Interpretasi merupakan bagian terpenting yang mampu memberikan penjelasan akhir. Pembaca dapat memahami informasi general berasarkan sebab akibat.

Kaidah Kebahasaan yang Digunakan

1. Bersifat generic

Sifat yang dimiliki oleh jenis teks ini adalah informasi yang yang umum atau generic. Penulisannya tidak akan memperdalam sebuah analisis tertentu. Didalam teks ini tidak akan ada penjelasan mengenai partisipasi manusia. Pembuatannya tidak memberikan pengaruh keberpihakan pembaca. Ketika menjelaskan tentang suatu hal yang terjadi maka, keterlibatan manusia akan dibatasi.

Beberapa contoh teks eksplanasi yang bersifat generic seperti: tsunami, banjir, gempa, dan lain sebagainya.

2. Pembahasaan

Bahasa ilmiah menjadi patokan penting dalam penulisan teks eksplanasi. Kaidah ilmiah mampu memberikan informasi yang faktual. Pembahasaan ilmiah ini menjadi syarat penting dalam teks eksplanasi. Dengan memberikan kaidah penulisan sesuai metode yang ada agar dapat dipahami.

3. Verba yang digunakan

Verba berjenis material dan relasional merupakan hal utama dalam penulisannya. Semua hal yang ditulis akan tetap terjaga keasliannya dengan verba ini. Penggunaan verba akan mempengaruhi hasil dari teks tersebut. Verba yang digunakan cenderung menggunakan kata kerja aktif.

4. Terdapat konjungsi

Konjungsi waktu dan kausal merupakan kata sambung yang membangun teks eksplanasi. Kata sambung ini akan menjelaskan rentetan kejadian berdasarkan waktu tertentu. Didalamnya terdapat contoh penggunaan seperti kata sebelum, jika, sehingga, pertama, kemudian, dan bila.

5. Penggunaan kalimat

Kalimat pasif merupakan jenis kalimat yang sering digunakan. Penggunaanya akan menjelaskan sesuatu yang bukan dilakukan oleh penulis.

6. Merupakan pembenaran

Semua yang dituliskan dalam teks ini merupakan sebuah kebenaran dan akan bersifat memberikan justifikasi.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Budaya, Banjir, Gempa

Contoh Bidang Sosial

1. Penyebab gizi buruk di Indonesia

Belakangan ini, banyak berita yang menyatakan jika beberapa wilayah di Indonesia banyak mengalami masalah gizi buruk. Hal ini pun dibuktikan kebenarannya dengan banyaknya berita yang beredar di media.

Pemerintah selaku pihak yang sedang mengurus peristiwa ini, tentunya tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan dari masyarakat luas. Dapat diperhatikan jika jumlah gizi buruk di Indonesia semakin meningkat, bahkan hal ini menjadi ke khawatiran bagi banyak pihak.

Sebab Akibat:

Dari berita yang ditayangkan, dapat dikatakan bahwa gizi buruk terjadi karena beberapa hal yang spesifik. Contohnya kurangnya asupan makanan bagi beberapa anak di Indonesia, karena memang menjadi faktor yang harus ditangangi Sejak lama.

Kemiskinan juga menjadi salah satu faktor utama pemembuat gizi buruk semakin bertambah. Meskipun demikian, pemerintah di Indonesia tidak akan tinggal diam tanpa berbuat apa apa. Pemerintah akan memikirkan langkah jitu untuk kedepannya.

Kesimpulan:

Penyebab dari gizi buruk itu dapat dikatakan berasal dari kurangnya asupan gizi. Didasari dengan kurangnya pemasukan atau karena faktor ekonomi. Mengingat di Indonesia ekonomi menjadi permasalahan yang cukup rumit. Keadaan ini masih dialami oleh banyak keluarga di Indonesia.

2. Menambahnya kasus perceraian

Bukan suatu hal yang tidak mungkin jika pada suatu hari perceraian menjadi pilihan terakhir, bagi banyak pasangan suami istri di Indonesia. Jumlah perceraian di Indonesia dapat dikatakan semakin bertambah. Hal ini menjadi perhatian penting bagi pemerintah di Indonesia.

Perceraian bukanlah langkah yang baik bagi psikologis seseorang. Terutama ketika dari hasil pernikahan tersebut sudah memiliki anak. Pemerintah sedang meneliti penyebab dari banyaknya kasus ini agar dapat menyelamatkan keluarga yang bercerai.

Sebab akibat

Dari penelitian yang didapatkan biasanya kasus perceraian terjadi karena kurangnya faktor ekonomi. Dengan banyaknya orang di Indonesia terlalu memaksakan menikah. Beberapa orang tersebut tidak memperhatikan kembali apa resiko menikah tanpa kesiapan ekonomi. Tidak adanya pemikiran tersebut berujung pada perceraian.

Faktor usia yang belum cukup sering kali menjadi penyebab utama. Masih banyak sekali orang yang mengalami perceraian di Indonesia disebabkan oleh kawin muda.

Penyelesaian

Dari apa yang didapatkan bahwa perceraian memang jumlahnya semakin bertambah di Indonesia. Semua itu disebabkan karena kurangnya faktor ekonomi dari para calon pasutri. Semua ini memiliki hubungan dengan kurangnya kesiapan umur untuk menikah di Indonesia.

3. Kasus kekerasan pada anak

Tiddak terasa jika semakin hari jumlah dari kekerasan kepada anak semakin bertambah di Indonesia. Semua itu didasari dengan berbagai sebab yang berbeda. Memang kasus kekerasan terhadap anak tidak hanya terjadi di Indonesia, akan tetapi jumlahnya selalu banyak.

Kasus kekerasan anak di Indonesia sering menyita perhatian media Internasional. Maraknya hal ini membuat pemerintah melakukan beberapa penelitian. Pemerintah berharap jika penelitian bisa memberikan hasil akhir yang baik.

Sebab akibat

Dari hasil penelitian yang didapatkan faktor utama dari kekerasan pada anak adalah, belum siapnya masa pernikahan orang tua yang disebabkan oleh beberapa faktor. Sering kali masih banyak orang di Indonesia yang menikah masih dibawah umur, kedewasaannya juga belum terbentuk.

Di Indonesia masih banyak yang melakukan pernikahan tanpa adanya kesiapan ekonomi. Berdampak pada masalah yang serius di masa pernikahan. Seringkali anak dari hasil pernikahan ini menjadi korban. Dengan tindak kekerasan akibat ketidak siapan orang tua untuk menikah.

Kesimpulan

Dari hasil analisis yang didapat, faktor usia muda sering kali menjadi hal utama terjadinya kekerasan. Dengan jumlah yang cukup banyak di Indonesia. Faktor ekonomilah yang menyebabkan semuanya terjadi. anak sering menjadi korban dari masalah ekonomi orang tua.

4. Kasus KDRT

Seperti yang diketahui bahwa kasus KDRT merupakan kasus yang masih kerap terjadi di Indonesia. Bahkan terjadi di banyak kalangan pasutri tua dan muda. Bukan tidak mungkin jika pemerintah sering mendapatkan laporan mengenai hal ini. Pemerintah mulai melakukan penelitian tentang penyebab terjadinya.

Sebab akibat

Dari hasil yang didapatkan bahwa, semua kasus KDRT secara garis besar didasari karena belum adanya kesiapan menikah. Para pasangan masih belum dewasa untuk menyikapi masalah. Ketidak siapan para calon pasutri kerap menyebabkan terjadinya KDRT.

Kesimpulan

Dari apa yang diberikan oleh pemerintah maka, penting hukumnya bagi seseorang yang akan menikah untuk mempelajari dan memiliki kesiapan yang lebih untuk mencegah KDRT.

5. Kasus penculikan anak

Belum lama ini sering terdengar kabar mengejutkan mengenai kasus penculikan anak. Kejadian ini kerap terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Kasus ini merupakan hal yang cukup sulit untuk ditangani. Para pelaku sering kali melancangkan aksinya dengan berbagai cara.

Sebab akibat

Dari informasi yang didapatkan, setiap kasus ini terjadi karena adanya kesempatan para pelaku. Kesempatan memberikan langkah bagi pelaku untuk melancangkan aksinya. Di Indonesia masih banyak orang tua yang lengah untuk menjaga anaknnya. Kasus ini juga tidak dapat ditangani dengan baik.

Kesimpulan

Untuk mencegah hal ini terjadi ada baiknya untuk menjaga anak dengan seksama. Hal ini dapat membuat orang yang akan melakukan kejahatan tidak memiliki kesempatan.

6. Pembunuhan masal

Bukan suatu hal yang tidak mungkin jika di Indonesia memang terdapat banyak kasus pembunuhan masal. Kejadian ini sering melibatkan hingga satu keluarga dibunuh. Biasanya terjadi dengan berbagai alasan yang signifikan. Hal ini mencuri perhatian pemerintah untuk menindaklanjuti hal yang terjadi.

Sebab akibat

Informasi yang beredar menyatakan, tindakan pembunuhan masal biasanya didasari atas rasa dendam. Faktor kurangnya ekonomi sering menjadi penyebab seseorang melakukan hal ini. Pemerintah memiliki kewajiban untuk menanganinya.

Kesimpulan

Dengan menjaga perasaan orang lain, akan membantu untuk mencegah hal ini agar tidak tejadi. Diharapkan seluruh warga untuk selalu berjaga-jaga terhadap setiap harta dan benda yang dimiliki. Hal itu dapat mencehar agar terhindar dari tindakan kriminal.

Contoh Bidang Budaya

7. Kekayaan Budaya Indonesia

Dapat diakui jika negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan budaya. Didasari dengan banyaknya jumlah pulau di Indonesia. Dengan demikian, akan ada banyak budaya yang harus dijaga. Sayangnya banyak generasi muda yang tidak memperhatikan hal ini. Sering kali budaya lama ditinggalkan dengan pengaruh budaya baru.

Sebab akibat

Kebudayaan Indonesia memang kerap kali ditinggalkan karena banyak masyarakat yang tergiur dengan kebudayaan asing. Kejadian ini membuat banyak orang cukup prihatin dengan perubahan prilaku generasi muda. Semua itu terjadi akibat terjerumus dengan pergaulan asing.

Kesimpulan

Untuk menjaga budaya ada baiknya untuk memengang teguh budaya milik nusantara. Hal ini dilakukan agar selalu melestarikan budaya nasional. Dibandingkan dengan menggunakan budaya asing, ada baiknya menjaga kelestarian Indonesia bisa selalu digenggam.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

8. Banjir di kota besar

Saat ini beberapa kota besar di Indonesia kerap kali mengalami masalah banjir. Hal ini dialami bukan hanya sekali dalam sebulan tetapi sering terjadi pada musim hujan. Pemerintah menyatakan untuk meninjau lebih lanjut mengenai masalah ini agar warga terbebas dari masalah banjir.

Sebab akibat

Pemerintah menyatakan bahwa, banjir ini terjadi karena kurangnya drainasi atau penyerapan di kota besar. Sebagian besar wilayahnya banyak digunakan untuk pembangunan. Proses

pembangunan memakan banyak wilayah drainase. Kejadian tersebut menyebabkan banjir kerap terjadi sehingga menghalangi kegiatan warga.

Kesimpulan

Akan lebih baik jika di kota besar diciptakan sistem drainase yang cukup. Hal ini dilakukan agar dapat menciptakan sistem resapan yang baik.

9. Banjir di bantaran sungai

Bukan tidak mungkin beberapa wilayah di Indonesia sering kali mengalami kasus banjir. Hal ini menghalangi aktifitas atau langkah warga. Mengetahui penyebab dan dampak dari bencana ini akan menjadi langkah yang tepat, apalagi untuk menangani kasus yang kerap terjadi. Beberapa bantaran sungai Indonesia sering kali mengalami luapan air yang menyebabkan jalanan utama terputus aksesnya.

Sebab akibat

Dengan adanya bencana banjir yang banyak terjadi di bantaran sungai saat ini, penelitian menyimpulkan penyebab utama banjir adalah penyumbatan sampah. Di iringi dengan bertambahnya volume air ketika masa hujan yang membuat air semakin meluap ke jalanan.

Kesimpulan

Ada baiknya jika warga mencoba untuk menciptakan lingkungan yang bersih. Kegiatan ini dapat menjamin untuk terbebas dari banjir. Sangat diharapkan jika warga bisa mengerti apa yang harus dipersiapkan ketika musim hujan tiba. Dengan tidak membuang sampah sembarangan ke bantaran sungai.

10. Banjir di setiap musim hujan

Suatu hal yang kerap terjadi di Indonesia ketika memasuki musim penghujan adalah banjir. Berdampak pada vakumnya aktifitas di beberapa wilayah. Banjir tidak hanya terjadi pada satu wilayah saja, tetapi di banyak wilayah di Indonesia. Harus ada penindakan lanjut dari pemerintah agar kasus ini segera terselesaikan.
Sebab akibat

Dengan keadaan banjir yang terjadi setiap tahun banyak orang yang menyatakan, semua itu terjadi karena peluapan air. Air yang meluap disebabkan oleh penyumbatan sampah dan drainase yang kurang sehingga mengganggu aktifitas warga.

Kesimpulan

Ada baiknya jika setiap tahun masyarakat di Indonesia memperhatikan cara membuang sampah yang baik agar tidak terjadi penyumbatan dan juga peluapan air.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gempa

11. Gempa yang terjadi di Indonesia sering kali memakan banyak korban. Frekuensinya yang cukup besar menjadi penyebab utamanya. Banyak orang yang masih belum mengetahui mengapa gempa bisa sering terjadi di Indonesia. Semua itu karena banyak warga yang mengeluh terutama bagi yang terkena dampaknya.

Sebab akibat

Terjadinya gempa memang karena kekuatan teknonik dari dalam bumi. Disebabkan oleh pergerakan lempeng yang cukup sering. Hal itu juga menjadi salah satu hal yang ilmiah dan wajar untuk terjadi, karena Indonesia berada pada lingkaran atau cincin api.

Kesimpulan

Gempa yang terjadi di Indonesia bukan terjadi tampa alasan. Semua itu terjadi karena faktor alam dan masih dalam batas normal. Mengingat lempengan di Indonesia cukup rapuh karena lokasinya yang berada di cincin api.

12. Dengan adanya gempa yang kerap terjadi di Indonesia sempat membuat beberapa orang khawatir. Hal ini menyita perhatian dari pemerintah Indonesia, baik yang berada di daerah maupun pusat. Jumlah gempa memang kerap terjadi dengan berbagai sebab dan akibat.

Sebab akibat

Terjadinya gempa disebabkan oleh keberadaan indonesia didalam ring of fire atau lingkaran api. Hal ini menjadikannya rawan terhadap bencana.

Kesimpulan

Ada baiknya jika warga Indonesia mulai mempersiapkan diri jika gempa ini terjadi. Langkah ini dilakukan agar jumlah korban yang ada dapat diminimalisir. Indonesia berada pada lempengan lingkaran api sehingga cukup sulit untuk mengurangi frekuensi gempa.

13. Dalam setiap tahunnya Indonesia memang kerap mengalami masalah gempa. Hal ini menjadi fokus utama bagi pemerintah di Indonesia. Harus diadakan penanggulangan yang tepat dan cepat. Sampai akhirnya didirikan asuransi penanggulangan bencana.

Sebab akibat

Didirikannya asuransi penanggulanngan bencana bertujuan untuk meminimalisir dampak gempa. Hal ini dapat mengurangi resikonya juga memberikan kesiapan finansial untuk Indonesia.

Kesimpulan

Karena Indonesia berada pada lempeng yang rawan gempa maka Indonesia membutuhkan asuransi gempa ini yang dapat menanggulanginya.

Dengan memahami dari contoh teks eksplanasi sosial, budaya, banjir, gempa, semuanya bisa diartikan dengan sangat jelas. Pastinya, dalam membuat sebuah teks eksplanasi, haruslah memperhatikan kaidah dalam pembuatannya. Sehingga pembaca bisa menjadi lebih mengerti apa yang sebenarnya dibicarakan. (*/pojoksatu)