Video Tutotrial Latihan Pernapasan Pasen Covid-19 Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Dr RA Adaninggar SpPD. Foto Instagram/@drningz

POJOKSATU.id, JAKARTA – Dokter spesialis penyakit dalam dr RA Adaninggar SpPD mengatakan latihan pernapasan pasien Covid-19 sangat membantu untuk pemulihan.

Pasien Covid-19 dianjurkan untuk selalu melakukan latihan pernapasan, khususnya bagi mereka yang isolasi mandiri (isoman) di rumah.

“Salah satu manfaat latihan napas ini, bisa membantu mengeluarkan dahak yang biasanya sangat kental di dalam paru yang bisa mengganggu pernapasan, refleks batuk juga dioptimalkan,” kata dr Adaninggar, dikutip Pojoksatu.id dari akun Instagram miliknya, @drningz, Minggu (4/7).

BACA: Bagikan Tips Aman Isolasi Mandiri, Ternyata dr RA Adaninggar Pernah Isoman


Ia mengatakan, sejak awal sakit, penderita Covid-19 dengan gejalan ringan harus makan makanan bergizi, sayur, buah, tinggi protein.

Selain itu, pasein Covid-19 juga harus tidur yang cukup dan mengkonsumsi obat flu, vitamin atau obat lain sesuai anjuran dokter.

Dokter cantik ini juga menganjurkan agar pasien Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah selalu melakukan monitor tanda vital dan saturasi oksigen secara rutin.

Tiga Alat Monitor Bagi Pasien Covid-19 yang Isoman

Dokter RA Adaninggar merekomendasikan tiga alat monitor yang harus dimiliki pasien Covid-19 yang isolasi mandiri, yakni oxymeter, thermometer, dan tensimeter.

Oximeter digunakan untuk mengukur persentase saturasi oksigen (SpO2).

Thermometer berfungsi untuk mengukur suhu atau temperatur, serta perubahan suhu badan.

Sedangkan tensimeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah.

“Konsultasi ke dokter sejak awal sakit supaya monitor penyakit dilakukan dengan baik,” jelas dr Adaninggar.

“Bila terjadi penurunan saturasi oksigen bisa dibantu juga dengan lakukan bernapas dengan posisi “prone” atau tengkurap,” ungkapnya.

Dokter Adaninggar membagikan video tutorial latihan pernapasan pasien Covid-19:

Video tutorial latihan pernapasan pasien Covid-19 dipandu oleh dr Siti Chandra Widjanantie SpKFR, dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi konsultan yang juga Ketua KSM Rehabilitasi Medik RSUP Persahabatan. Lihat videonya di bawah ini: