Menteri Sedih Kehilangan Rachmawati Soekarnoputri, Trending Topic di Twitter

Rachmawati Soekarnoputri

POJOKSATU.id, JAKARTA – Sejumlah menteri dan politisi menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri, putri Presiden pertama RI Soekarno.


Rachmawati meninggal karena Covid-19. Ia menghembuskan nafas terakhir di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Sabtu (3/7) sekitar pukul 06.15 WIB.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya tokoh perempuan 70 tahun tersebut.

“Innalillahi wa Inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah ibu Rachmawati Soekarnoputri,” kata menteri yang akrab disapa Gus Yakut itu dalam postingannya di media sosial Twitter, @YaqutCQoumas.


“InsyaAllah Husnul Khotimah, catatan amal baiknya diterima oleh Allah SWT dan diberikan keikhlasan kepada keluarga dan sanak yang ditinggalkan,” sambungnya.

BACA: Sebelum Meninggal, Rachmawati Soekarnoputri Selalu Pikirkan Papua

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga turut menyampaikan ucapan duka cita melalu akun Twitternya, @sandiuno·

“Innalillahi wainnailaihi ro’jiun. Kita kembali berduka. Indonesia baru saja kehilangan sosok putri terbaik bangsa, Ibu Rachmawati Soekarnoputri, putri dari Presiden pertama kita, Ir. Soekarno,” kata Sandiaga Uno, dikutip dari akun Twitter pribadinya, Sabtu (3/7).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berterima kasih kepada Rachmawati atas jasa-jasanya untuk bangsa.

“Terima kasih atas segala jasa yang engkau telah berikan untuk Bangsa ini. Kami tidak akan pernah lupa semangat juangmu yang tak pernah ada lelahnya. Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafiha wa’fu’anhaa,” tandas Sandiaga Uno.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang juga anggota DPD RI, Prof Jimly Asshiddiqie tak ketinggalan menyampaikan ucapan belasungkawa.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiuun. Kita doakan almarhumah husnulkhotimah. Alfatihah. Rachmawati Soekarnoputri Meninggal karena Covid-19,” kata Jimly di akun Twitternya, @JimlyAs.

Hal serupa diungkapkan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Turut berduka cita. Semoga ibu Rachmawati Soekarnoputri ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya dan diterima semua amal ibadahnya. Aamiin YRA,” kata Susi di akun @susipudjiastuti.

Sementara anggota DPR RI, Habiburokhman mendoakan agar Rachmawati Soekarnoputri husnul khotimah.

“Innalillahi wa inailaihi rojiun, dukacita mendalam atas wafatnya Putri Proklamator, sekaligus tokoh bangsa Ibu Hj Rachmawati Soekarnoputri Binti Soekarno. Selamat jalan pejuang tangguh, semoga Almarhumah Husnul Khatimah,” katanya Habiburokhman.

Mantan Ketua MK, Hamdan Zoelva juga menyampaikan ucapan belasungkawa.

“Turut berduka cita mendalam atas wafatnya Ibu Rachmawati Soekarnoputri. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat dan magfirah-Nya kepada almarhumah. Aamiin. Rachmawati Soekarnoputri meninggal di RSPAD,” kata Hamdan dalam postingannya di akun @hamdanzoelva.

Politikus Partai Demokrat, Jansen Sitindaon mengaku mendapat kabar meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri melalui pesan singkat WhatsApp (WA).

“Membaca pesan di WA pagi ini, turut berdukacita atas meninggalnya Ibu Rachmawati Soekarnoputri. Semoga semua keluarga yang ditinggalkan dikuatkan diberi keiklasan dan kesabaran,” kata Jansen.

Teman Diskusi di Meja Makan

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon mengaku sangat kehilangan dengan meninggalnya putri Bung Karno, Rachmawati.

Tokoh perempuan 70 tahun yang akrab disapa Bu Rachma itu meninggal dunia RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat pada Sabtu (3/7) sekitar pukul 06.15 WIB.

Fadli Zon mengatakan Rachmawati adalah teman diskusinya di meja makan.

“Innalillahi wainnailaihi raajiun. Selamat jalan Mbak Rachmawati Soekarnoputri, sungguh merasa kehilangan teman diskusi di meja makan hampir setiap bulan,” kata Fadli Zon, dikutip dari akun Twitter miliknya @fadlizon, dikutip Pojoksatu.id, Sabtu (3/7).

Sebelum meninggal, Rachmawati selalu memikirkan konflik yang terjadi di Papua.

Fadli Zon yang juga anggota DPR RI mendoakan semoga Rachmawati husnul khotimah.

“Seorang yang teguh pendirian, berpihak pada rakyat dan terakhir selalu memikirkan Papua. Insya Allah husnul khotimah. Al Fatihah,” pungkas Fadli Zon.

Banyaknya ucapan duka cita atas meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri membuat putri Bung Karno itu trending topic di Twitter Indoneosia. Lebih dari 4.109 twit membicarakan Rachmawati Soekarnoputri. (one/pojoksatu)