Benarkah DKI Ngemis Donasi ke Dubes Asing? Ini Jawaban Wagub

Ahmad Riza Patria

POJOKSATU.id, JAKARTA – Surat berlogo Pemprov DKI Jakarta meminta donasi untuk membantu menangani pandemi Corona di Jakarta beredar di media sosial.


Surat permintaan sumbangan tersebut ditujukan kepada para duta besar (dubes) asing yang berada di Jakarta.

Surat tersebut ditandatangani Kepala Biro Kerja Sama Pemprov DKI Jakarta Andhika Permata pada 28 Juni 2021.

Dalam surat itu, Pemprov DKI mengajak para duta besar berkontribusi mengisi perabotan di Rusun Nagrak Cilincing, Jakarta Utara.


Pemprov DKI juga meminta para dubes asing ikut andil dalam pemenuhan kebutuhan ekstensi RS penangan Covid-19 di Jakarta.

Menanggapi beredar surat tersebut, Wakil Gubenur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pihaknya perlu mengecek kebenarannya.

Riza menyebut bukan dubes asing yang diminta untuk berkontribusi dalam penanganan covid di ibu kota, tapi seluruh elemen masyarakat.

“Itu bukan ke dubes, itu disampaikan ke seluruh elemen. Nanti dicek ke Pak Sekretaris Daerah persisnya,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (1/7/2021).

Riza menegaskan Pemprov DKI selalu mengajak elemen masyarakat berkolaborasi menghadapi masa-masa kritis pandemi covid.

“Jadi kita ini kota kolaborasi, tentu kita mengajak semua masyarakat berkolaborasi bersama untuk saling membantu, satu sama lain, tidak hanya dubes, tapi semua elemen masyarakat,” beber Riza.

Riza mengklaim banyak instansi swasta yang telah bekerjasama dengan Pemprov DKI dalam penanganan covid.

“Pihak swasta selama ini bekerja sama dengan Pemprov, bahu-membahu untuk mencarikan solusi yang terbaik bagi masalah-masalah Jakarta untuk saling bantu-membantu,” tandas Riza. (one/pojoksatu)