Menakar Kekuatan Polri dalam Tangani Positif Covid-19 di Jakarta

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR RI, Rabu (16/6/2021). Foto: IST

Belakangan ini angka positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Salah satu kota yang angka positif Covid-nya meningkat signifikan yakni Jakarta.


Laporan : Firdausi, Pojoksatu

Jakarta disebut-sebut merupakan penyumbang tertinggi angka positifnya beberapa pekan terakhir ini. Untuk menekan penyebarannya, sejumlah pihak mulai menerapkan berbagai aturan super ketat.

Salah satunya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyarankan agar Pemprov DKI segera bertindak cepat menangani Covid-19 di Ibu Kota.


Bahkan, jenderal bintang empat ini meminta semua pemerintah daerah di Jakarta agar menyiapkan tempat isolasi mandiri terpadu.

“Pemerintah daerah (Pemprov DKI) merealisasikan 31 wilayah yang ada dalam kegiatan isolasi mandiri terpadu,” kata Listyo Sigit melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/6).

Mantan kabareskrim ini juga mengajak semua pemilik hotel yang ada di Jakarta turur ikut berpartisipasi untuk menyiapkan tempat isolasi mandiri. Mengingat, saat ini kapasitas dari Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet sudah hampir penuh.

“Hotel-hotel bisa dipersiapkan menjadi ruang isolasi mandiri karena jelas ini sangat diperlukan dalam rangka memperkuat tracing dan testing,” ujarnya.

Selain itu, untuk mempercepat penurunan angka positif, Polda Metro Jaya juga memberlakukan penerapan pembatasan mobilitas pengguna jalan. Pembatasan akan diberlakukan mulai malam ini, Senin (21/6).